BEKASIMEDIA.COM

Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita Terbaru · 23 Nov 2022 12:44 WIB ·

Komodo dan Relawan Lintas Lembaga Buka Dapur Umum bagi Para Korban Gempa Cianjur


 Komodo dan Relawan Lintas Lembaga Buka Dapur Umum bagi Para Korban Gempa Cianjur Perbesar

BEKASIMEDIA.COM, Cianjur – Komunitas Media Online Indonesia (Komodo) terjun langsung ke lokasi bencana gempa tektonik 5,6 skala Richter di Cianjur, pada hari ketiga pasca gempa, Rabu (23/11/2022) ini.

Mendirikan posko dapur umum di Kampung Bojong Sawah, Desa Cisarandi, Kecamatan Warung Kondang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Tak hanya Komodo, Kegiatan ini hasil kolaborasi lintas relawan lembaga kemanusiaan. Mereka melakukan pantauan ke rumah rumah warga yang terdampak kerusakan mulai dari skala ringan hingga besar.

Ketua Komodo, Denis mengatakan kondisi warga di hari ketiga ini sangat memperihatinkan. “Tidak ada posko darurat karena memang lokasinya di dalam dan jauh dari jalan utama sehingga relatif kurang terpantau, sehingga bantuan logistikpun sulit. Begitu cerita yang saya dapatkan dari ketua RW 02 Daman,” katanya.

“Banyak anak anak terserang secara psikis akibat merasakan langsung hantaman dahsyat gempa 5.6 SR. Dibutuhkan relawan trauma healing untuk mengembalikan mentalnya. Kemudian juga pengobatan dan pemeriksaan warga yang sakit maupun tidak karena info dari BMKG bahwa gempa susulan berskala kecil masih terus dirasakan warga meski ditengah trauma yang mereka rasakan belum pulih,” ujarnya.

Aksi kemanusiaan yang menamakan, “Warga Bekasi Peduli Korban Gempa Cianjur” ini turut mendapatkan simpatik warga karena ini merupakan relawan pertama yang berhasil masuk ke desa mereka dan membantu langsung dan menanyakan kebutuhan utama yang diinginkan warga setempat.

Pemenuhan Logistik bagi warga di pengungsian menjadi kebutuhan utama untuk menjaga stamina fisik warga yang hingga kini masih bertahan di tenda-tenda darurat depan rumah mereka, dipinggir jalan, dan persawahan.

Gabungan Relawan kemanusiaan dan bencana ini langsung merespon dengan membuat Dapur Umum untuk mengcover makanan untuk lebih dari 300 orang warga.

“Hari pertama ini kita buka dapur umum harapannya agar pengungsi bisa makan minimal dua kali sehari dan kita akan adakan dalam aksi tanggap darurat ini buka untuk tiga hari. Selanjutnya kami akan terus membuka donasi agar bisa bertahan sepekan disini,” ujar Ibnu Syafaat dari Jurnalis Filantropi Indonesia yang juga bergabung dalam gerakan ini.

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Stand Up for Stunt Out: Kegiatan Melawan Stunting dari Mahasiswa LSPR dan Gizi Untuk Negeri

23 Juli 2024 - 18:11 WIB

Makan Sepuasnya di Wajik Resto & Cafe Luminor Hotel Jakarta Kota Bercitarasa Authetic Jepang

23 Juli 2024 - 13:09 WIB

Sinergi dalam Keceriaan Bersama Santika Fair B2B Jakarta & Media Gathering

21 Juli 2024 - 05:10 WIB

Promosikan Judi Online, Selegram Cantik Di Amankan Polsek Tambun

20 Juli 2024 - 13:47 WIB

Kebakaran di Komplek Deperla Bekasi Timur, Korban Mengungsi

20 Juli 2024 - 13:42 WIB

Kebakaran di Bekasi

Sekda Serahkan Penghargaan Kepada Pemenang Abang Mpok Kota Bekasi Tahun 2024

15 Juli 2024 - 11:18 WIB

Trending di Berita Terbaru