Selasa, April 13, 2021
Beranda Berita Wali Kota Bekasi: Tidak Ada Cara Lain Atasi Banjir Bekasi, Harus Bangun...

Wali Kota Bekasi: Tidak Ada Cara Lain Atasi Banjir Bekasi, Harus Bangun Polder

BEKASIMEDIA.COM – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menyatakan bahwa Polder bisa mengatasi masalah banjir kota Bekasi. Kendati demikian, ia menyatakan Polder yang ada saat ini belum cukup dan perlu waktu yang lama agar semua Polder air bisa terbangun.

“Kita menyelesaikan banjir dari perumahan Nasio, Graha sampai Prima Regency, Kota Bintang, Mas Naga, sampai Harapan Baru dan kali Cakung. Sudah Kita identifikasi, pertama harus ada Polder di pinggir Ngurah Rai. Sudah ditetapkan 2,2 hektar. Kemudian naik ke atas lagi di Kota Bintang harus ada,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Gerakan Donor Plasma Konvalesen RSUD CAM, si kantor PMI kota Bekasi, Senin (1/3/2021).

Selanjutnya, kata Rahmat Effendi, harus ada perbaikan-perbaikan dan penyempitan di bantaran kali yang harus diperbaiki nanti dengan restoratif justice. “Kemudian juga Prima Lingkar lalu naik lagi ke atas di Nasio nantinya juga harus ada polder, begitu juga di depan Graha harus ada polder. Jadi kurang lebih akan ada 4 atau 5 polder baru,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Wali Kota mengatakan pembangunan Polder tidak akan 100 persen mampu mengatasi banjir. 30 persen lainnya dengan mengatasi penyempitan sungai dan 20 persen sisanya adalah budaya bersih warga.

“Pembangunan harus bertahap. Pembebasan tanah juga mahal. Nggak ada cara lain. Satu, kembalikan fungsi anak sungai kayak Cakung Sunter. Bangunan yang menyempit arus itu 30 persen. Polder sekitar 50 persen, budaya bersih itu 20 persen. Kalau itu semua terpenuhi insya Allah kita gak banjir,” lanjutnya.

Saat ini kata Pepen, Polder yang ada antara lain di Rawalumbu, Perumnas 3, IKIP, Kempo dan di Bekasi Barat di depan kelurahan Kota Baru belum mampu menanggulangi banjir yang terus terjadi setiap tahunnya. (Denis)

RELATED ARTICLES

Most Popular