fbpx

Kepala UPTD Puskesmas Jatiasih: Ribuan Kader Posyadu Siap Diberdayakan Program “Kami Sehat”

BEKASIMEDIA.COM – Kepala Puskesmas Kecamatan Jatiasih, dr. Bambang Isnanto menyatakan Urgensi dari kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dalam Menghadapi Masalah Kesehatan Bersama “Kami Sehat” di Kecamatan Jatiasih Tahun 2019 yang diselenggarakan Sekolah Pascasarjana Uhamka bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Jatiasih adalah upaya kepedulian masyarakat terutama mahasiswa dalam rangka menurunkan angka masalah kesehatan, angka kesakitan yang ada di kecamatan Jatiasih.

“Karena kalau kita bicara masalah kesehatan, banyak. Mulai dari penyakit menular dan tidak menular,” ujarnya kepada Bekasimedia.com usai memberikan sambutan, Selasa, (22/1/2019)

Ia menilai upaya mahasiswa Uhamka untuk membantu dalam hal pembimbingan dan pembinaan motivasi terutama di kecamatan Jatiasih agar masyarakat peduli dan tahu mengenai isu kesehatan yang ada.

“Mungkin karena dilihat penduduknya padat, posyandu juga banyak ada 109. Kadernya juga banyak. 10 kader per posyandu. Berarti ada sekitar 1000 lebih kader. Makanya mereka tergerak merangkul kader masyarakat peduli dengan kesehatan,” tambahnya.

Karena bagaimana pun, kata Isnanto, kader posyandu itu yang memilih masyarakat, punya masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat jadi wajar saat ada kegiatan pemberdayaan.

Isnanto menyatakan setidaknya setiap 3 bulan sekali ada refreshing kader di Puskesmas untuk empat kelurahan ini (Jati Mekar, Jati Rasa, Jati Kramat, Jati Asih).

“Refreshing itu pembinaan dan me-refresh ilmu kesehatan,” jelasnya.

Setiap setahun sekali pun ada penilaian strata posyandu tingkat kecamatan. Misalnya posyandu mandiri, atau yang masih kecil dan perlu sokongan.

Saat disinggung mengenai latar belakang kegiatan ini apakah karena angka kesakitan cukup banyak? dr. Isnanto menyatakan
angka kesakitan terbanyak masih untuk kategori penyakit tidak menular.

“Dari jumlah penduduk, sekitar 10-15 persen. 260 orang ke puskesmas. Alhamdulilah masih bisa diatasi,” jelasnya.

Isnanto berharap ke depan, ilmu hari ini yang disampaikan mahasiswa Uhamka bisa bermanfaat dan bisa disampaikan kembali ke rekan-rekan kader posyandu lainnya dan bisa diterapkan dengan baik di wilayah posyandunya masing-masing.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat sendiri dihadiri oleh 26 mahasiswa sekolah Pascasarjana Uhamka dan puluhan peserta kader posyandu dari 4 kelurahan di kecamatan Jatiasih. (dns)

Be the first to comment on "Kepala UPTD Puskesmas Jatiasih: Ribuan Kader Posyadu Siap Diberdayakan Program “Kami Sehat”"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: