fbpx

Kelurahan Bintarajaya Jadi Juara Pembuatan Ovitrap se Bekasi Barat

BEKASIMEDIA.COM – Kader Kelurahan Bintarajaya menjuarai lomba pembuatan ovitrap dalam, “Gebyar Geselat DBD Gerakan Pembuatan 1000 Ovitrap Nyamuk Demam Berdarah di Kecamatan Bekasi Barat” Kamis (10/1/2019).

Kriteria dalam lomba ini adalah jumlah, kerapihan, kesesuaian bentuk, kreatifitas dan ketepatan waktu.

Dengan jumlah ovitrap yang berhasil dibuat sebanyak 500 buah, kader-kader Posyandu Bintarajaya berhasil mengalahkan empat kelurahan lainnya.

Kepada bekasimedia.com, salah satu kader Posyandu Bintarajaya, Jia Abdul Razak mengungkapkan bagaimana timnya berhasil mencapai angka 500 ovitrap.

Ovitrap

“Jadi setelah ikut pelatihan minggu lalu. Kita langsung menghimbau seluruh posyandu. Di Bintarajaya ada 13 posyandu. Langsung tuh kita sampaikan ke mereka,” kata Jia.

Selanjutnya kata Jia, meski yang dianjurkan 200 ovitrap untuk masing-masing kelurahan, tetapi kader Posyandu Bintarajaya ingin membuat lebih dari itu.

“Minimal kan yang dianjurkan 200 ovitrap yang kita buat, tapi Alhamdulillah sampai tadi pagi yang kita kumpulkan 500 ovitrap,” katanya.

Tentang proses pembuatannya, kata Jia, dipusatkan di masing-masing Posyandu. Jadi masing-masing Posyandu membuat ovitrap. Dimulai dari mengumpulkan bahan-bahan bekas seperti botol air mineral dan bahan-bahan lainnya.

Awalnya, kata Jia, banyak pertanyaan dari kader-kader Posyandu dibawah. Namun setelah dijelaskan manfaat pembuatan ovitrap, mereka termotivasi untuk membuat lebih banyak.

“Kami jelaskan ovitrap itu perangkap nyamuk. Supaya jentik-jentik nyamuk itu kumpul disini. Ditaruh di sudut-sudut ruangan dan tidak menggangu pernafasan. Murah meriah dan mudah dibuat,” imbuhnya.

Ia menuturkan, masyarakat banyak yang belum tahu manfaat dan kegunaannya. “Kalau saya tahunya di google. Cuma belum dipraktekkan aja,” pungkasnya.

Gebyar Geselat DBD Gerakan Pembuatan 1000 Ovitrap Nyamuk Demam Berdarah di Kecamatan Bekasi Barat ini diprakarsai oleh mahasiswa Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Sekolah Pascasarjana Uhamka Jakarta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bekasi. (eas)

Be the first to comment on "Kelurahan Bintarajaya Jadi Juara Pembuatan Ovitrap se Bekasi Barat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: