Yayasan Ulul Albab Al Islamiyah Ajarkan Empati Lewat Penggalangan Dana Peduli Lombok

BEKASIMEDIA.COM – Lombok tengah berduka. Ahad (5/8/2018) terjadi gempa dahsyat berskala 7 SR yang mengguncang pulau yang memiliki banyak destinasi wisata prestisius tersebut.

Belum lagi, kemudian diikuti lebih dari 500 gempa susulan dan mengakibatkan lebih dari 400 orang meninggal dunia sementara korban luka-luka mencapai 1.300 orang.

Gempa ini juga merobohkan setidaknya 67.000 rumah yang mengakibatkan setidaknya 380.000 warga dan turis mengungsi di berbagai titik pengungsian.

Keadaan ini pun langsung mendapat perhatian segenap elemen masyarakat di Indonesia tak terkecuali Yayasan Ulul Albab Al Islamiyah, Tambun, kabupaten Bekasi.

Yayasan yang mengelola unit pendidikan TK, SD dan SMP ini ingin mengedukasi para siswanya melalui peristiwa ini. Di antara pelajaran yang ditanamkan kepada para siswa adalah mengajarkan rasa empati yaitu merasakan apa yang dirasakan oleh para korban.

“Siswa diajak berdialog dengan pertanyaan, “Bagaimana bila kita yang menjadi korban bencana? Pasti sedih bukan?” dan pertanyaan lainnya hingga timbul rasa kepedulian mereka dan tergerak hatinya untuk menyisihkan sebagian dari uang jajan mereka untuk membantu korban gempa,” kata Ibnu Muthi, Ketua Yayasan Ulul Albab Al Islamiyah Bekasi, Selasa (14/8/2018).

Pelajaran lain yang bisa diajarkan, kata Ibnu adalah tentang istilah gempa
itu sendiri. Bagi siswa kelas rendah dan hidup di perkotaan, kata “gempa” ternyata masih merupakan kosa kata yang asing bagi mereka.

“Akhirnya momen ini pun dimanfaatkan untuk menjelaskan tentang fenomena alam yang satu ini. Untuk kelas atas bisa ditambah dengan penjelasan yang lebih ilmiah mengenai sebab akibat gempa hingga mensimulasikan bagaimana menyelamatkan diri bila gempa terjadi,” imbuh Ibnu.

Program baik ini mendapat perhatian dan dukungan penuh dari seluruh wali murid.

“Alhamdulillah sejak digulirkan program “Donasi Peduli Lombok” panitia yang terdiri dari para guru telah berhasil menghimpun dana hingga belasan juta rupiah yang segera akan disalurkan kepada korban bencana dan semoga dengan program ini bisa menghasilkan generasi-generasi yang pandai bersyukur dan peduli terhadap sesama, amin,” pungkasnya. (dns)

Be the first to comment on "Yayasan Ulul Albab Al Islamiyah Ajarkan Empati Lewat Penggalangan Dana Peduli Lombok"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*