Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Gaya Hidup · 13 Mei 2023 WIB ·

Pentingnya Penanganan Krisis Identitas


 Pentingnya Penanganan Krisis Identitas Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Peralihan usia remaja ke dewasa, yaitu umur 18-25 tahun membuat generasi muda kebingungan untuk menentukan emosi, perilaku, keinginan, dan potensi yang ada di dalam diri mereka.

Bila permasalahan tersebut dibiarkan, hal ini dapat berdampak pada kesehatan mental mereka karena selalu memandang dirinya lemah dibanding orang lain. Mereka akan mengalami gangguan jiwa berupa depresi, bipolar, dan beberapa gangguan jiwa lainnya.

Selain itu, masyarakat Indonesia masih menganggap gangguan jiwa sebagai hal yang tabu untuk dibicarakan. Perlu adanya kesadaran mengenai gangguan jiwa yang terjadi di dalam masyarakat itu sendiri.

Melalui talk show bertajuk “Who am I: Kenali Potensimu” yang merupakan bagian dari kegiatan CommStride, mahasiswa Ilmu Komunikasi President University berusaha untuk membantu mengatasi permasalahan krisis identitas. Dalam talk show ini turut mengundang Hamdani, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dan Irwantja, sebagai influencer yang bergerak dalam kesehatan mental pada Sabtu (13/5/2023).

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Hamdani mengatakan bahwa lingkungan dan dukungan dari luar merupakan salah satu faktor penting dalam membangun kesehatan mental yang baik.

“Perubahan semua itu tergantung kita dan lingkungan sekitar. Jadi, pastikan bahwa memang kita berada di lingkungan orang-orang yang benar-benar mendukung kita,” ujar Hamdani dalam meningkatkan kesadaran kesehatan mental.

Untuk menghindari hal tersebut, perlu adanya pengenalan faktor-faktor yang menyebabkan krisis identitas pada generasi muda. Irwantja, konten kreator di bidang kesehatan mental menyampaikan bahwa self awareness yang baik sangat penting dalam membentuk branding diri sendiri.

Irwantja juga menjelaskan bagaimana kita bisa survive dalam menghadapi masalah yang bisa muncul dalam membentuk branding yang baik. Diantaranya adalah refleksi ke dalam diri sendiri dan komunikasi yang baik ke pihak eksternal yang dapat mendukung dari sisi emosional kita.

“Sebenarnya kembali lagi ketika kita sudah mulai membangun self awareness yang terus berjalan dan bahkan bisa berubah. Jadi, jangan takut terhadap perubahan itu karena perubahan itu kan pasti ya. Satu hal yang istilahnya fix gitu, tetapi kita mencoba komunikasikan perubahan itu ke diri kita sendiri,” tutup Irwantja.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Teladanku Berbagi Makan dengan Anak Yatim di Yayasan Ash Shaaf Kota Bekasi

12 Juni 2023 - 06:02 WIB

Sambut Long Weekend, Intip Rekomendasi Hotel Tepi Pantai di Asia Tenggara Berikut Ini

31 Mei 2023 - 23:41 WIB

Praktisi Lingkungan Nilai Aksi Pandawara Group cs Patut Dapat Dukungan

31 Mei 2023 - 13:11 WIB

Cara Sukses Jadi Content Creator TikTok

17 Mei 2023 - 06:06 WIB

Mahasiswa President University Gelar “TREASURE WORKSHOP” Tingkatkan Skill Siswa di Industri Kreatif

17 Mei 2023 - 06:01 WIB

Dorong Pola Hidup Sehat Masyarakat dengan Festival Kesehatan

17 Mei 2023 - 05:50 WIB

Trending di Berita
error: Konten diproteksi