Selasa, Juni 22, 2021
Beranda Inspirasi Cake Tela Telo: Kreasi Kudapan Takjil Sehat dari Bahan Umbi-umbian

Cake Tela Telo: Kreasi Kudapan Takjil Sehat dari Bahan Umbi-umbian

BEKASIMEDIA.COM – Ramadhan sudah memasuki hari ke-13, tapi sebagian ibu rumah tangga masih saja kebingungan membuat kudapan takjil sehat untuk berbuka puasa. Menu yang sama setiap hari pasti membuat anggota keluarga bosan. Ini membuktikan, menjadi ibu rumah tangga memang nyatanya harus kreatif dan inovatif.

Dalam membuat kudapan yang sehat, hanya diperlukan bahan-bahan yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Mudah dan terjangkau, pasti menjadi pilihan utama ibu-ibu. Seperti kudapan berbahan dasar umbi-umbian; ubi, singkong adalah pilihan yang tepat untuk membuat kudapan sehat nan murah meriah.

Dengan motto “Semangat Ramadhan, Perempuan Bergiat, Lingkungan Sehat dan Ekonomi Kuat” yang melatarbelakangi diadakannya Lomba Kreasi Kudapan Takjil Sehat Keluarga berbahan dasar umbi-umbian Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Kota Bekasi yang berlangsung dari tanggal 13-16 April 2022. Lomba ini diikuti oleh perwakilan ibu-ibu dari setiap Kecamatan di Kota Bekasi.

Perpaduan umbi-umbian ditambah dengan bahan-bahan pilihan membuat kudapan tersebut menjadi menarik, enak dan sehat. Selain itu, kreasi kudapan ini juga dapat memberikan nilai tambah secara ekonomi untuk umbi-umbian.

Salah satu tantangan lain dari lomba tersebut adalah besaran biaya yang dikeluarkan untuk membuat kreasi kudapan yang tidak boleh lebih dari 25.000 rupiah.

Afiati selaku perwakilan dari RKI Kecamatan Medan Satria mengaku merasa senang dan tertantang karena bisa ikut serta dalam lomba tersebut mewakili Kecamatan Medan Satria.

Dalam lomba tersebut Afiati membuat kreasi yang diberi nama “Cake Tela Telo”. Cake Tela Telo ini berbahan dasar singkong, ditambah dengan toping fla cantik berwarna ungu yang terbuat dari ubi ungu.

Afiati berharap banyak ibu-ibu yang bisa terinspirasi dari apa yang beliau tuangkan dalam lomba tersebut. Beliau yang memang suka memasak dan terkadang menjajakan hasil masakannya ini mengaku ingin berbagi ilmu dan kebahagiaan dengan ibu-ibu lain.

Pengumuman pemenang lomba kreasi kudapan takjil tersebut diumumkan langsung oleh Heri Koswara atau yang akrab dipanggil Ayah Herkos, selaku ketua DPD PKS Kota Bekasi pada Jum’at (23/04/2021).

Pada saat mengetahui perwakilan kecamatan Medan Satria berhasil meraih juara 1 dalam lomba tersebut, tidak hanya Afiati yang merasa senang, tetapi seluruh pengurus RKI Kecamatan Medan Satria, keluarga, kerabat, dan tetangganya juga turut bangga dan berbahagia.

Ayah Herkos yang kerap mengisi podcast seputar peran ayah, dan mengisi program Ruang Ayah di RKI Kota Bekasi sangat mendukung adanya kegiatan lomba seperti ini, karena dapat menciptakan ruang bertumbuh dan kreativitas para ibu.

Adapun bahan-bahan dari Cake Tela Telo adalah sebagai berikut :

350gr singkong parut (peras)
3 butir telur
100 gr mentega cair
70 gr gula pasir
1 sachet vanila bubuk
15 gr keju
150 ml susu cair

Bahan fla

1 sachet Kental Manis (SKM)
1 butir telur
150 ml susu cair

Bahan toping

100gr mentega putih
1 sachet SKM
50 grm ubi ungu
10 gr keju
2 sdt gula pasir

(mth)

RELATED ARTICLES

Most Popular