Minggu, Mei 9, 2021
Beranda Opini Apa itu Pers di Hari Pers Nasional?

Apa itu Pers di Hari Pers Nasional?

Tahukah Anda apa arti Pers sebenarnya dan bagaimana Pers menobatkan diri menjadi hari jadinya di tanggal 09 Februari 2021 bertepatan dengan Hari Internet Aman Sedunia? Berikut wacana deskripsi sederhana Hari Pers Nasional, hadiah dari kami untuk para pembaca Bekasimedia.com walau sedang dirundung pendemi dan duka peristiwa lainnya.

Secara etimologi atau ilmu asal usul kata, kata Pers (Belanda), atau Press (Inggris), atau presse (Perancis), berasal dari bahasa latin, perssare dari kata premere, yang berarti “Tekan” atau “Cetak”, definisi terminologinya adalah “media massa cetak” atau “media cetak”. Press adalah teknik produksi sebuah informasi berupa teks atau gambar dengan cara “menekan” tinta di atas kertas.

Jadi secara harfiah pers berarti cetak dan secara maknawiah berarti penyiaran secara tercetak atau publikasi secara dicetak (printed publication). Pers adalah badan yang membuat penerbitan media massa secara berkala. Media massa, menurut Gamle & Gamle adalah bagian komunikasi antara manusia (human communication), dalam arti, media merupakan saluran atau sarana untuk memperluas dan memperjauh jangkauan proses penyampaian pesan antar manusia.

Dalam UU Pers no 40 tahun 1999, Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik dan segala jenis saluran yang tersedia.

Peringatan Hari Pers Nasional tahun ini, jatuh pada hari Selasa (9/2/2021). Dalam sejarahnya, perjuangan wartawan dan pers Indonesia memperoleh wadah dan wahana yang berlingkup nasional dengan terbentuknya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tanggal 9 Februari 1946. Ketika itu Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985 menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional.

Puncak Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2021 ini mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

Presiden Joko Widodo hadir secara virtual pada Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 dari Istana Negara, Jakarta. Puncak Peringatan HPN yang mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers sebagai Akselerator Perubahan” tersebut berlangsung pada Selasa, 9 Februari 2021, di Candi Bentar Hall, Ancol, Jakarta.

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Pers kepada seluruh insan pers Indonesia di manapun Bapak/Ibu berada. Saya tahu di saat pandemi sekarang ini, rekan-rekan pers tetap bekerja dan berada di garis terdepan untuk mengabarkan setiap perkembangan situasi dan menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat, menjaga optimisme, serta menjaga harapan,” ujar Presiden dalam sambutannya.

Menyongsong tema Hari Pers Nasional 2021 ini, pimpinan Redaksi Bekasimedia.com berharap eksistensi media yang dipimpinnya akan terus bersinar di tahun 2021 dan semakin kuat dalam kebersamaan tim.

Sedangkan Ilham selaku Direktur PT. Perkasa Sukses Media (PSM) juga berharap agar bekasimedia menjadi media terbaik di Bekasi dan memberikan teladan informasi bagi kita semua. (dari berbagai sumber – RAM )

RELATED ARTICLES

Most Popular