fbpx

DPRD: Perlu Peran Banyak Pihak Tekan Angka Kasus Covid-19 pada Anak

FRAKSI DPRD KOTA BEKASI

BEKASIMEDIA.COM – Menyikapi banyaknya kasus anak-anak yang terpapar covid19, anggota DPRD Kota Bekasi, Eka Widyani Latief menegaskan perlu peran semua pihak untuk menanggulangi hal ini. Terlebih, anak-anak masih sangat perlu didampingi dalam penerapan protokol kesehatan.

“Berapapun angka yang ada, bagi saya ini musibah yang harus terus menerus dimaksimalkan penanggulangannya,” kata Eka kepada Bekasimedia, Jumat (11/9/2020).

Untuk anak-anak usia sekolah, kata Eka peran orang tua sangat penting mendampingi anak-anaknya menjalankan Protokol Kesehatan di samping juga perlu bantuan aparat dan masyarakat sekitar untuk mengawal terlaksananya pola hidup sehat dan bersih.

“Biasanya anak-anak usia awal sekolah lebih mendengar peringatan dari orang lain atau bs dikatakan takut dengan orang lain. Maka perlu kerjasama yang baik antara orangtua, masyarakat sekitar serta aparatur.” tegasnya.

 

Baca: 211 Anak Bekasi Terinfeksi Covid-19 

Targetnya adalah menjadikan protokol kesehatan sebagai sebuah kebiasaan.
Demikian juga untuk anak-anak usia remaja. Walaupun keadaannya sudah lebih mengerti namun mengubah kebiasan lama menjadi kebiasaan baru juga perlu waktu.

“Bisa disegerakan dengan dibuat kebijakan pemerintah kota Bekasi plus punishment-nya yang ada efek jera. Pendekatan behavioural. Kebiasaan perilaku higienis hingga menjadi habit harus ditanamkan kepada mereka. Contohnya ketika masuk rumah pakai hand sanitizer dulu, langsung masuk kamar mandi, cuci kaki, cuci muka, mandi, ganti baju. Keluar rumah harus memakai masker, tidak pinjem-pinjeman masker apalagi tuker-tukeran masker, gak boleh berbagi minuman, makanan dalam 1 wadah dengan teman-temannya.” tukasnya.

Sebelumnya diinformasikan ternyata anak-anak dan remaja yang terinfeksi Virus Corona SARS-CoV-2 (Covid-19) di Kota Bekasi cukup tinggi. Angka kumulatifnya lumayan banyak.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di media nasional Kompas pada Rabu (9/9/2020). Ia mengungkapkan bahwa secara kumulatif dari segi usia, 211 anak telah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 di wilayahnya.  Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Bekasi Dezi, 211 anak tersebut transmisinya menyebar, baik dari keluarga maupun dari teman bermainnya.

Eka Widyani Latief berharap semua pihak, terutama orangtua dan guru dapat berperan dengan baik mendampingi anak-anak disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga akan lebih mempercepat upaya pencegahan dan penanggulangan kasus covid19. (eas)

%d blogger menyukai ini: