Menu

Mode Gelap
Soal Kisruh Data PKH Ini Penjelasan, Anggota DPRD Enie Widhiastuti Ketua Fraksi PKS Kota Bekasi Terkait TKK Minta Pemkot Lakukan Langkah Ini Bawaslu Kota Bekasi Ingatkan di Masa Sosialisasi Para Caleg dan Partai Pahami Aturan yang Berlaku Islamic Book Fair 2023: Memperkenalkan Buku sebagai Pilar Peradaban Dishub Kota Bekasi Batasi Operasional Kendaraan Besar, Khusus Kendaraan Sumbu Tiga Keatas

Berita · 30 Nov 2022 WIB ·

Melalui Budidaya Lobster Air Tawar Fakultas Pertanian UMMI ikut mengkaselerasi pelaksanaan Kurikulum MBKM


 Melalui Budidaya Lobster Air Tawar Fakultas Pertanian UMMI ikut mengkaselerasi pelaksanaan Kurikulum MBKM Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Prodi akuakultur Fakultas Pertanian universitas muhammadiyah sukabumi telah berhasil menyelenggarakan kegiatan riset desa yang merupakan kegiatan yang didanai oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasi pelaksanaan kurikulum Kampus Merdeka Merdeka Belajar.

Pada kegiatan ini melibatkan para peneliti peneliti dari dua universitas berbeda yaitu UNiversitas Muhammadiyah Sukabumi dan Universitas Djuanda Bogor. bertindak selaku ketua tim adalah Dr. Robin, S.Pi., M.Si, sedangkan anggotanya adalah Dr. Amalia Nur milla, M.P, Novita MZ., M.Si dan Dudi Lesmana, M.Si dari Fakultas Pertanian Universitas Djuanda Bogor.

Ketua tim riset desa Dr. Robin mengatakan mengapresiasi pendanaan dengan skema riset seperti ini karena sangat membantu kegiatan penelitian terapan di desa yang mampu menjadi katalisator pengembangan potensi yang dimiliki oleh desa mitra. selain itu riset keilmuan ini juga telah membantu para mahasiswa yang mengambil program Kampus Merdeka Merdeka Belajar melalui skema proyek independent termasuk juga mahasiswa yang melakukan penelitian skripsi untuk tugas akhir.

Skema riset ini sangat bagus untuk diteruskan sebab waktu pelaksanaannya yang tepat pasca kegiatan KKN tematik sehingga pendampingan terhadap desa lokus KKN dapat terus dilakukan. kegiatan riset ini juga telah mengakselerasi kurikulum MBKM yang sudah diterapkan di kampus melalui pelibatan mahasiswa untuk studi proyek independent maupun penelitian skripsi.

Doktor lulusan IPB University ini juga mengemukakan bahwa selain dari sisi dunia akademis, mitra kegiatan pun sangat terbantu dengan adanya kegiatan riset desa ini, sebab dapat mengembangkan potensi desa untuk menjadi mata pencaharian baru bagi masyarakat. ia mencotohkan kegiatan yang bekerjasama dengan Desa Cicareuh Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi ini telah membuka peluang usaha baru bagi masyarakat melalui budidaya Lobster Air Tawar yang selama ini belum dikenal oleh masyarakat di desa Cicareuh.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Desa Cicareuh Ramdan Rustamono, S.Pd mengungkapkan bahwa dengan adanya keterlibatan kampus secara langsung di Desa, telah memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat ia pun mengapresiasi kegiatan riset desa ini karena telah memberikan warna baru bagi kegiatan masyarakat di wilayahnya.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Mengintip Kawasan Wisata Pecinan Kya Kya Surabaya yang Sukses UMKMnya Berkat Dukungan BRI Peduli

23 Februari 2024 - 13:42 WIB

Peringati Hari Jadi Banyumas ke 453, Budayawan NasSirun PurwOkartun Ajak Para Guru Mengenal Sejarah dan Keteladanan Leluhurnya

22 Februari 2024 - 21:33 WIB

Hotel Santika Mega City Bekasi Gelar Corporate Gathering Perkuat Sinergi dan Kolaborasi

22 Februari 2024 - 17:55 WIB

Anis Byarwati : “Empat Pilar adalah Nilai-Nilai Luhur Kekokohan dan Kekuatan Bangsa Indonesia”

22 Februari 2024 - 17:50 WIB

Inilah Persiapan Warga Kabupaten Bekasi Menyambut Datangnya Bulan Ramadan

22 Februari 2024 - 09:11 WIB

Harga Beras Makin Mahal, Operasi Pasar di Kecamatan Bekasi Barat Semrawut

21 Februari 2024 - 21:14 WIB

Trending di Bekasi On Frame