Seberapa Penting Self-Healing Bagi Kesehatan Mental dan Bagaimana Cara Melakukannya?

BEKASIMEDIA.COM – Kesehatan mental sering kali diabaikan banyak orang karena dianggap sepele. Perasaan lelah yang sudah lama membatin di dalam diri bisa mengganggu kinerja seseorang dalam melakukan berbagai hal. Selain itu, stres berkepanjangan juga bisa membuat kesehatan fisik seseorang melemah. Untuk itu, kesehatan mental dapat menjadi hal yang paling krusial dan harus diperhatikan.

Ada berbagai macam cara untuk menyembuhkan kesehatan mental, salah satunya adalah dengan melakukan self-healing atau penyembuhan diri sendiri. Cara yang satu ini dilakukan guna untuk menyembuhkan luka batin yang semakin lama mengganggu emosi dalam jiwa. Self-healing juga bisa menjadi alternatif penyembuhan sekaligus cara untuk mengenal diri lebih dalam.

Self-healing bisa dilakukan dengan bermacam cara yang bisa disesuaikan oleh orang yang ingin melakukannya. Kita bisa mendapat energi positif setelah melakukannya sehingga kesehatan mental berangsur membaik dan terhindar dari stres berkepanjangan. Jika bingung bagaimana melakukannya, ada banyak metode yang bisa Anda lakukan. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Me Time

Me time dapat dikategorikan sebagai cara self-healing yang sering dilakukan oleh banyak orang. Memiliki waktu sendiri untuk diri sendiri adalah cara paling ampuh untuk mengendalikan emosi dan menenangkan pikiran. Cara ini juga bisa menjadi alternatif saat tubuh dan pikiran terlalu lelah dengan kegiatan sehari-hari dan butuh ketenangan jiwa dan raga.

Cara untuk melakukan me time cukup mudah. Terkadang Anda malah tidak perlu mengeluarkan biaya untuk melakukannya. Sempatkan untuk memiliki waktu dengan diri Anda sendiri bisa dengan memakai masker wajah sebelum tidur setelah seharian beraktivitas, menonton film di Netflix, atau mengambil cuti kerja dan berlibur. Me time juga bisa menjadi cara termudah Anda dalam melakukan self-healing. Jadi, sempatkanlah untuk memiliki waktu dengan diri sendiri, ya!

2. Beristirahat

Kesehatan mental yang terganggu bisa jadi disebabkan oleh kurangnya istirahat. Tekanan dan pikiran yang mumet bisa diselesaikan oleh istirahat yang cukup untuk menata kembali pikiran dan jiwa yang kelelahan. Istirahat juga penting bukan hanya untuk kesehatan mental saja, melainkan juga sangat berguna untuk kesehatan fisik. Hal itu karena kurang istirahat dapat membuat Anda lebih mudah terserang penyakit.

Pekerjaan di kantor dan tugas-tugas kuliah bisa menunggu. Namun, jika Anda sudah terserang penyakit karena kurang istirahat itu hanya akan menambah beban pikiran. Cobalah untuk mengatur waktu tidur lebih baik selama 6-8 jam sehari untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, kamu juga bisa melakukan rehat sejenak saat jam makan siang.

3. Mendengarkan Musik

Salah satu metode self-healing yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendengarkan musik. Sudah bukan rahasia lagi jika mendengarkan musik adalah cara menyalurkan perasaan-perasaan di hati yang tidak bisa diungkapkan. Ada berbagai macam jenis musik yang bisa menjadi ‘obat’ untuk kita melakukan self-healing, Anda dapat menentukannya sesuai dengan selera musik yang dimiliki.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan self-healing sembari menenangkan pikiran dengan instrumen-instrumen yang memiliki tempo tenang dan tidak berisik. Ini juga dapat membantu Anda untuk menghilangkan stres dan menyejukkan pikiran selama beberapa saat. Dengarkan instrumen saat Anda merasa penat dan butuh distraksi sebentar saat terlalu banyak pikiran yang menumpuk.

4. Menulis Jurnal

Jika ada banyak kata yang tidak bisa diungkapkan dengan ucapan, menulis bisa menjadi alternatif saat ingin menumpahkan banyak hal. Selembar kertas bisa berarti banyak hal saat kita ingin menceritakan sesuatu yang memenuhi kepala. Tulisan-tulisan yang kita buat dapat menjadi tumpahan dan luapan emosi agar merasa lega dan tidak lagi memenuhi pikiran.

Anda dapat menulis di buku jurnal atau kertas-kertas kosong di halaman buku. Jadikanlah buku dan kertas tersebut sebagai teman curhat dan tulislah sebanyak yang Anda inginkan. Selain itu, Anda dapat membuat jurnal dan tulislah bagaimana perasaan Anda hari itu. Cara ini dapat membuat rasa emosi dan pikiran negatif keluar dan menyisakan rasa lega setelahnya. Jadi, sudahkah Anda menulis hari ini?

5. Menarik Nafas Dalam

Sering kali, saat sedang merasa stres dan emosi, kita jadi lupa untuk bernafas dengan benar. Biasanya, nafas akan menjadi terasa lebih pendek dan putus-putus. Hal ini jika dibiarkan bisa mengganggu pernafasan dan membuat tubuh merasa tidak nyaman. Jika sedang berada dalam situasi seperti ini, Anda dapat kendalikan tarikan nafas agar tidak terlalu mengganggu.

Anda bisa mengendalikan pernafasan dengan menarik nafas dalam-dalam. Lakukan metode menarik nafas selama beberapa kali melalui hidung dan hembuskan melalui mulut. Lakukan cara tersebut dalam beberapa kali saat nafas Anda terasa putus-putus. Selain untuk membenarkan pernafasan yang tidak teratur, cara ini juga bisa menenangkan pikiran dan emosi Anda.

 

Ada banyak cara untuk melakukan self-healing. Tidak perlu sesuatu yang terkesan ribet dan mengeluarkan uang, kita dapat melakukannya sendiri dengan mudah dari rumah saja. Self-healing sangat dibutuhkan oleh setiap orang karena dapat membantu menenangkan pikiran, jiwa, dan raga. Itulah 5 cara untuk melakukan self-healing. Semoga bermanfaat!

IKLAN DI SINI

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Related Artikel