Ketua Komisi 4: Ada Kasus Pelecehan Seksual oleh Guru SMP, Pemkot Kemana?

BEKASIMEDIA.COM – Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daradjat Kardono menyatakan Bekasi yang didapuk sebagai kota layak anak seharusnya dipertahankan secara serius apalagi selama tiga tahun berturut-turut meraih status Nindya sebagai Kota Layak Anak (KLA).

“Raihan ini harus dipertahankan secara serius, mengingat belakangan ini beberapa kasus muncul terkait dengan perundungan anak seperti pemasungan anak dan yang terkini adalah pelecehan seksual terhadap siswi SMPN di kawasan Pondok Gede,” ujarnya kepada bekasimedia.com Selasa (2/8/2022).

Politisi senior PKS ini juga meminta pihak pemerintah kota bekasi agar segera menindaklanjuti dengan seksama mengingat kasus kasus tersebut patut diduga hanya merupakan fenomena gunung es, sehingga sangat mungkin lebih banyak lagi kasus yang belum terungkap.

Koordinasi lintas dinas terkait penyelesaian permasalahan tersebut menjadi sebuah urgensi yang harus segera dilakukan. Sehingga upaya pencegahan juga harus dilakukan secara menyeluruh tidak hanya di area kejadian saja, kata Daradjat.

“Untuk kasus pelecehan siswi SMPN di Pondok Gede ini, maka SMP lainnya juga patut dilakukan assessment dan surveilance oleh dinas-dinas terkait untuk memastikan kasus tersebut tidak terjadi,” imbuhnya.

Harus dibuatkan mekanisme _early warning system_ seperti _Whistle-Blower policy_, Pakta Integritas setiap penyelenggara layanan masyarakat dan perlindungan pelapor sehingga setiap orang yang mengetahui indikasi tindak pelecehan dimanapun dapat melaporkan dengan leluasa secara dini dan bisa cepat ditindaklanjuti melalui _hotline_ yang telah ditentukan bila ada.

“Sangat disayangkan, institusi pendidikan yang seharusnya menjadi sarana peningkatan budi pekerti namun dinodai dengan kasus demoralisasi yang memalukan,” pungkasnya. (Denis).

IKLAN DI SINI

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur adipiscing elit dolor

Related Artikel