Menu

Mode Gelap
Maju Jadi BCAD, Siti Mukhliso Berguru ke Anggota DPRD Pengumpul Suara Terbanyak Indomilk Gelar “Coffeepreneur” Figur Tokoh Reformasi Amien Rais Masih Jadi Pendulang Suara Partai Ummat Aji Ali Sahbana Sebut ‘Anies Effect’ Jadi Kunci Kemenangan Nasdem Kota Bekasi Di Pileg 2024 Ketua DPD Partai Nasdem Kota Bekasi Klaim Kadernya Solid, Sinyalir Ada Upaya Gembosi Partai

Pendidikan · 25 Jun 2022 22:50 WIB ·

Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bekasi dan Dispora Selenggarakan Diklat Instruktur Muda


 Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bekasi dan Dispora Selenggarakan Diklat Instruktur Muda Perbesar

BEKASIMEDIA.COM – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi bekerja sama dengan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Bekasi menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Instruktur Muda (PPIM) sebagai bentuk pembinaan dan pengembangan kepramukaan tahun 2022 dengan tema, “Pramuka Berbakti Tanpa Batas”.

PPIM merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengembangkan potensi, baik sebagai pribadi, kelompok maupun organisasi untuk mensukseskan pelaksanaan upaya pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui Zoom meeting pada tanggal 20-21 Juni 2022 dan tatap muka di Bumi Perkemahan Jatisari di Jl. Cenderawasih RT 006/RW 011 Kecamatan Jatiasih pada 22-24 Juni 2022. Acara dibuka secara resmi oleh kepala Dispora Ahmad Zarkasih.

PPIM ini diikuti oleh 25 anggota pramuka penegak dan pandega dari 12 Kwartir ranting dan Dewan Kerja Cabang.

M. Laiyin Nento selaku Kepala Pusat pendidikan dan latihan cabang (Pusdiklatcab) Kwarcab Kota Bekasi berpesan dalam upacara penutupan, bahwa peserta harus bisa menularkan ilmunya dan berdampak kepada 2.500 orang dengan kisaran masing-masing 100 orang. Juga yang paling penting adalah komitmen untuk melaksanakan rencana tindak lanjut.

“Karena yang diharapkan di Indonesia sekarang bukan hanya sebatas output saja tetapi berdampak positif dari setiap kegiatan.” Jelasnya.

Pada kesempatan ini juga, Ia mengumumkan kelulusan 100% bagi 25 peserta yang ikut PPIM dan berharap menjalankan tugasnya sebagai instruktur dengan baik.

Kepala Pusdiklatcab juga memberikan apresiasi atas dukungan Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang telah menjalin kemitraan sangat baik dengan Kwarcab Kota Bekasi dan bisa tetap berlanjut setiap tahunnya.

Acara ditutup oleh sekretaris Dinas Kepemudaan dan olahraga Drs. Peniel Nefindo Imanuel Mambo, M.Si. Dalam sambutannya ia bercerita tentang pengalaman dan keaktifannya saat menjadi pramuka Siaga sampai Pandega yang bisa menjadi inspirasi untuk para peserta.

Adapun materi yang diterima oleh peserta diantaranya adalah fundamental kepramukaan, cara membina dan memberikan instruksi, manajemen risiko, teknik penilaian, teknik berkemah, pioneering, teknik isyarat dan semboyan, teknik orienteering, PPGD (Pertolongan pertama gawat darurat), praktik instruktur dan mengisi rencana tindak lanjut.

Peserta juga mendapatkan kunjungan dan sesi motivasi dari Ketua Kwarcab Kota Bekasi Ade Puspitasari, S.Sos, MBA.

Dalam penyampaian pesan dan kesan dari peserta selama mengikuti kegiatan, Muhammad Sidik Prayoga pramuka penegak dari Kwarran Rawalumbu mengatakan dengan PPIM ini bisa mengetahui cara membina dan mengajarkan materi kepada pramuka Siaga dan Penggalang. Ia juga mengucapkan terima kasih bahwa Ilmu dan pengalaman yang didapatkan sangat bermanfaat untuk masa depan.

Lia Z. Ansor
Foto: Adi W

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pendaftaran Santri Baru Nurul Fikri Boarding School Serang Banten Dibuka

29 September 2022 - 14:15 WIB

Nurul Fikri Boarding School Serang Sabet Penghargaan GESS Asia Stem Leader Award 2022

26 September 2022 - 17:53 WIB

Ratusan Pelajar Di Garut Dibekali Pelatihan Dasar Jurnalistik

24 September 2022 - 09:30 WIB

Dosen Universitas Mercu Buana Bina Soft Skill Manajemen Waktu Pemuda Desa Guranteng

29 Juli 2022 - 08:15 WIB

Label Inklusi Ditiadakan, Semua Sekolah Wajib Terima Anak Berkebutuhan Khusus

19 Juni 2022 - 15:33 WIB

Naiknya Kasus Covid-19 di Kota Bekasi, PTM Sekolah Tetep Terlaksana 50 Persen

1 Februari 2022 - 05:06 WIB

Trending di Pendidikan