Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Urusan Kesehatan Lebih Mudah Sejak Era JKN-KIS

Urusan Kesehatan Lebih Mudah Sejak Era JKN-KIS

BEKASIMEDIA.COM – Bekasi, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berjalan sejak tahun 2014. Masyarakat yang telah terdaftar dalam program ini juga sudah mencapai lebih dari 220 juta masyarakat Indonesia. Jefry Kristanto Budi Darma (44) merupakan salah satu dari masyarakat Indonesia yang sudah terdaftar dalam Program JKN-KIS dalam segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU).

Pria paruh baya ini sehari-hari bekerja sebagai seorang wirausaha untuk menghidupi keluarganya. Dahulu suatu jaminan kesehatan bukan menjadi prioritas bagi dirinya, selain biaya iuran per bulan yang tidak terjangkau, untuk hidup sehari-hari saja masih harus bekerja keras. Namun saat ini ia memanfaatkan Program JKN-KIS untuk jaminan kesehatan diri dan semua anggota keluarganya, untuk keperluan biaya pengobatan. Kepada Tim Jamkesnews ia mengatakan bahwa dalam segi pelayanan ia merasakan kepuasan dan kemudahan dalam Program JKN-KIS.

“Pelayanannya mudah, bagus, dan cukup puaslah kira-kira. Saya terdaftar dikelas 3 semua anggota keluarga. Kalau penggunaanya ya saat ada harus berobat, seperti pemeriksaan dan kelahiran, pernah beberapa kali untuk biaya rawat  inap. Pelayanannya sih selama ini mudah dan baik-baik saja sih. Dahulu jangankan memikirkan untuk punya asuransi kesehatan, iurannya mahal, untuk hidup sehari-hari saja kita harus bekerja keras,” jelasnya.

Berbincang lebih lanjut dirinya mengakui adanya perbedaan yang dirasakan sebelum memiliki KIS dengan dahulu yang hanya berobat seadanya. Salah satunya terkait biaya pengobatan dan rasa khawatir akan penyakit. Saat dirinya dapat dengan mudah mengakses fasilitas kesehatan tanpa perlu memikirkan biaya yang besar, namun dahulu harus menyiapkan uang untuk jaga-jaga apabila ada yang sakit.
“Sekarang enak ada jaminan kesehatan, kalau dulu kan kita mesti nabung sedikit-sedikit untuk jaga-jaga apabila ada yang sakit terus harus berobat. Kalau sekarang tinggal bawa kartunya ke klinik langsung bisa berobat, dokternya gratis, obatnya gratis, udah ga ngeluarin uang lagi. Tabungan bisa digunakan untuk masa depan. Yang penting kalau saat ini iuran tidak terlupa bayar sehingga kartu bisa aktif terus,” jelasnya.

Dirinya juga memberikan harapan bahwa agar Program JKN-KIS bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat dan mengajak peserta yang belum terdaftar untuk ikut mendaftarkan diri, karena dirinya telah merasakan kemudahan dalam penggunaanya asalkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dirinya juga mengingatkan untuk selalu bayar iuran agar tidak terlupa, karena dirinya pernah terlupa selama 2 bulan sehingga kartunya sempat tidak aktif.

“Harapannya lebih baik lagi dalam melayani masyarakat Indonesia yang sangat banyak dan beragam. Kalau untuk pelayanannya sudah cukup baik, dan pengurusannya saat berobat pun mudah. Dan untuk masyarakat yang belum memiliki atau terdaftar saya rasa sudah seharusnya mendaftarkan diri ke Program JKN-KIS karena bisa digunakan sewaktu-waktu dan yang penting tidak lupa bayar iurannya,”tutupnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular