Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Seluruh Generasi Wajib Memiliki Jaminan Kesehatan

Seluruh Generasi Wajib Memiliki Jaminan Kesehatan

BEKASIMEDIA.COM – Jamkesnews – Jaminan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar yang harus dapat dimiliki oleh seluruh masyarakat. Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan hadir untuk dapat memberikan jaminan kesehatan tersebut kepada seluruh masyarakat Indonesia. Tidak sedikit masyarakat yang telah menggunakan Program JKN-KIS dalam memperoleh pelayanan kesehatan dan merasakan manfaat akan hadirnya program ini.

Salah satu peserta yang sudah merasakan mendapatkan pelayanan menggunakan KIS adalah Diana citra Hani (21). Dirinya menceritakan bahwa dirinya awalnya mengira hanya mengalami benjolan/bengkak biasa dibagian tubuhnya. Namun, setelah melalui beberapa kali proses pemeriksaan, Hani akhirnya diketahui menderita kelenjar getah bening dan harus segera menjalani operasi yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

“Selama menjadi peserta, saya baru pakai sekitar awal tahun 2020. Saya operasi kelenjar getah bening. Program JKN-KIS mempermudah saya dalam menjalani proses operasi kelenjar getah bening. Pada saat itu, secara administrasi saya rasa tidak terlalu ribet, hanya menunjukan KIS dan KTP saja sudah bisa diterima dan dilayani dengan baik. Banyak yang bilang administrasinya ribet atau dipersulit, yang saya alami malah mudah dan lancar,” jelasnya.

Tidak hanya dari segi biaya, meskipun menggunakan Program JKN-KIS Hani merasa dilayani dengan baik, tidak mendapatkan pembedaan pelayanan dengan pasien umum atau pasien dengan penjaminan lainnya. Hanya saja memang di loket administrasi dipisahkan untuk pasien umum dan pasien yang memiliki asuransi, seperti JKN-KIS. Namun demikian, Hani mengatakan pelayanan yang didapatkannya sama, tidak dibedakan.

“Pihak rumah sakit sudah menjelaskan sejak awal, bahwa tidak ada perbedaan antara pasien umum dengan pasien JKN, tindakannya juga sama. Saya juga dikasih bahan medis yang bagus. Memang ada loket administrasi untuk pasien umum sendiri dan untuk pasien JKN sendiri. Dari situ mungkin ada yang merasa seperti dibedakan, padahal sebenarnya kita diperlakukan sama,” pungkasnya.

Oleh karenanya, Hani mengatakan bahwa dengan adanya program Pemerintah ini sangat membantu. Hani mengungkapkan kepuasannya setelah menjalani operasi. Apa yang ia takutkan selama ini tak ada satu pun yang terbukti. Hani bersyukur telah menjadi Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Ia mendukung agar Program JKN-KIS terus hadir di tengah masyarakat demi menyehatkan Bangsa Indonesia.
“Setiap orang harus punya jaminan kesehatan seperti Program JKN-KIS, karena itu sebagai investasi kesehatan, itu sangat berguna. Sebagai jaminan kesehatan itu nanti dampaknya besar untuk kita. Kalau misalnya belum punya JKN-KIS, misalnya tiba-tiba didiagnosa penyakit yang lumayan besarer, terus tiba-tiba sakit dan langsung masuk ICU. Harga perawatan di ICU saja udah habis berapa. Pasti banyak sekali biaya yang harus dikeluarkan,” terangnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular