Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Ade Mahmudah: Penggunaan Kartu Indonesia Sehat, No Ribet -Ribet

Ade Mahmudah: Penggunaan Kartu Indonesia Sehat, No Ribet -Ribet

Bekasimedia.com – Jamkesnews – Ade Mahmudah (34) merupakan salah satu dari 222 juta masyarakat Indonesia yang telah menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat. Saat ditemui Tim Jamkesnews,dirinya mengatakan sangat mendukung program pemerintah terutama dibidang penjaminan pelayanan kesehatan dan mengapresiasi hadirnya jaminan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Ade mengatakan sebelum menggunakan KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, banyak yang mengatakan bahwa penggunaan dan prosedurnya sulit dan ribet. Namun setelah ade merasakan sendiri saat waktu itu dirinya merasakan sakit gigi yang sangat mengganggu kemudian dirinya ke puskesmas untuk memeriksakan keluhannya. Dan dirinya merasakan sendiri manfaatnya Program JKN-KIS.

“Saya menggunakan Program JKN-KIS untuk mencabut gigi di puskesmas pelayanannya sangat bagus, sangat memuaskan, dokter-dokternya juga ramah, proses pengobatannya sesuai prosedur yang berlaku. Prosesnya cepat, tidak ada kesulitan juga dari awal pendaftaran kemudian dipanggil, diperiksa sampai dengan diberikan obat semuanya lancar tidak sampai antri berjam-jam seperti yang dikatakan orang-orang,” jelasnya.
Sejak saat itu, ia menyadari bahwa penggunaan Program JKN-KIS dengan prosedur dan penggunaan yang sesuai, tidak serumit dengan apa yang diceritakan oleh kebanyakan orang.

Karena saat ini dirinya sudah merasakan sendiri pengalamannya menggunakan KIS dan dirinya merasakan puas, tanpa kendala apapun. Ade juga menceritakan proses administrasi juga lebih mudah, tidak mengeluarkan biaya, hanya dengan menunjukan KIS saja sudah bisa dilayani.
“Dulu banyak yang bilang katanya kalo pake KIS ribet lah prosedurnya, diobatinnya asal-asalan, terus ga dijamin semua. Tapi kok berbeda yang saya alami ya, saya lancar-lancar saja, karena saya mengikuti semua prosedur dan ketentuan yang berlaku sehingga bisa dijamin semuanya. Proses administrasi juga mudah, tinggal memberikan KIS kemudian di registrasikan oleh petugasnya, sudah selesai tidak ada pembayaran-pembayaran lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut ia pun berpesan dan memberikan harapan agar masyarakat yang belum terdaftar segera mendaftarkan diri dan anggota keluarga kedalam Program JKN-KIS karena menurutnya sangat penting untuk menjalani hari-hari. Ade juga menuturkan bahwa Program JKN-KIS tidaklah rumit dan ribet karena yang penting mengikutin prosedur dan ketentuan berlaku, tidak menyalahi aturan yang menyebabkan bisa tidak dijamin.

“Masih ada beberapa kerabat atau tetangga yang belum terdaftar bahkan sampai sekeluarga belum terdaftar, segeralah mendaftar kedalam Program JKN-KIS agar kedepannya tidak kebingungan saat membutuhkan. Untuk yang bilang ribet lah, obatnya ga bagus lah, dan lain-lain, kalau menurut saya jalani prosesnya mengikuti prosedur, jangan semaunya sendiri dan juga banyak yang belum merasakan tapi hanya berkomentar ikut-ikutan, jalani prosedurnya dan ketentuannya maka semuanya akan mudah dan lancar,” tutupnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular