Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Lahiran Lancar Berkat JKN-KIS

Lahiran Lancar Berkat JKN-KIS

BEKASIMEDIA.COM, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berjalan sejak tahun 2014. Masyarakat yang telah terdaftar dalam program ini juga sudah mencapai lebih dari 220 juta masyarakat Indonesia. Yulis Setiawati (38) salah satunya merupakan seorang ibu rumah tangga. Siang itu Kamis (11/11) di temui dirumahnya oleh Tim Jamkesnews ia mengatakan sangat senang bisa diberikan kesempatan mengemukakan pendapatnya mengenai Program JKN-KIS.

Yulis menceritakan bahwa dirinya sudah beberapa kali menggunakan KIS nya untuk pengobatan bahkan sampai kemarin melahirkan anak ke 3 dan 4 yang kembar secara sesar. Mengingat dirinya masuk kedalam tanggungan perusahaan suaminya maka yang ditanggung langsung sampai hanya anak ke 3, jadi anak ke 4 harus didaftarkan menjadi peserta mandiri. Namun secara penjaminan menurutnya tenang dan nyaman karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali.

“Alhamdulillah terakhir saya menggunakan untuk kelahiran anak kembar saya ke 3 dan 4, semuanya dicover full tanpa biaya. Karena saya lahiran dikampung halaman, kemarin sempat tanya-tanya juga bisa menerima peserta Program JKN-KIS atau ga, dan ternyata terima. Setelah lahir langsung segera mendaftar untuk anak saya, namun karena dari perusahaan yang menanggung sampai anak ketiga maka anak keempat didaftarkan sebagai peserta mandiri atau yang iurannya kita bayarkan sendiri,” jelasnya.

Setelah merasakan dan mendapatkan manfaatnya, dirinya bercerita ingin segera mendaftarkan orang tuanya yang dikampung untuk segera mendaftar. Namun menurutnya kendala bagi orang tua yang agak sulit administrasi. Baginya saat ini sangat penting memiliki jaminan kesehatan dimanapun tinggalnya dan juga tidak masalah menurutnya terdaftar kelas 3 sekalipun karena yang penting sudah memiliki jaminan kesehatan.

“Kebetulan lingkungan tempat tinggal disini kan perumahan nih, rata-rata sudah banyak yang terdaftar dan menggunakan Program JKN-KIS, nah kebetulan orang tua saya kan dikampung dan belum terdaftar. Ada kepingin untuk ngajak mendaftarkan kedalam Program JKN-KIS, tapi kan karena sekarang lagi jauh lokasinya, mungkin nanti. Ya kalau untuk kelas 3 aja, sanggup iurannya,” pungkasnya.

Tak lupa ia mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak BPJS Kesehatan yang mengelola Program JKN-KIS dan juga memberikan harapan yang baik kedepannya dalam penggunaan maupun pemanfaatan untuk masyarakat yang sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Dirinya sangat berterima kasih atas jaminan kelahiran bayi kembarnya yang dilakukan secara caesar kemarin.

“Saya dan keluarga ingin mengucapkan rasa terimakasih, alhamdulillah sangat membantu sekali, sangat-sangat bermanfaat sekali, kelancaran dalam proses kelahiran, penjaminan sehingga tidak ada biaya dan intinya semuanya lancar. Bener-bener lahiran tuh sangat membantu kartu ini, karena posisinya caesar tau sendiri jaman sekarang. Jadi ya alhamdulillah sangat membantu,” tukasnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular