Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Daftar Program JKN-KIS Bikin Rasa Khawatir Hilang

Daftar Program JKN-KIS Bikin Rasa Khawatir Hilang

BEKASIMEDIA.COM, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berjalan sejak tahun 2014. Masyarakat yang telah terdaftar dalam program ini juga sudah mencapai lebih dari 220 juta masyarakat Indonesia. Sri Wahyuningsih (51) merupakan salah satu dari masyarakat Indonesia yang sudah terdaftar dalam Program JKN-KIS dalam segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 2.

Sehari –hari Sri selain sebagai ibu rumah tangga dirinya juga seorang wiraswasta. Sadar akan biaya kesehatan yang semakin meningkat, membuat dirinya mendaftar bersama seluruh anggota keluarganya kedalam Program JKN-KIS. Walaupun kepada Tim Jamkesnews dirinya bercerita bahwa sampai dengan saat ini belum pernah menggunakan untuk berobat, sejak terdaftar dirinya belum pernah menggunakan karena selalu diberikan kesehatan dan kemudahan.

“Jaman sekarang yang apa-apa mahal, biaya kesehatan makin mahal, paling andalannya obat warung, kalau 2 hari ga sembuh baru berobat, itupun harus liat keuangan dompet dulu, ada atau ga. Oleh karena itu saya dan keluarga mendaftar Program JKN-KIS agar memiliki jaminan kesehatan. Setidaknya walaupun sampai saat ini alhamdulillah diberikan kesehatan selalu, belum pernah menggunakan dari awal punya tetapi sekarang bisa lebih tenang apabila sakit ya bisa segera berobat,” jelasnya.
Namun walaupun dirinya belum pernah menggunakan Program JKN-KIS dalam mengakses fasilitas kesehatan, ia menceritakan bahwa ia merasakan saat ini dalam dirinya berkurang rasa khawatir mengenai pembiayaan pengobatan nantinya jika memang benar-benar pada saat dibutuhkan nanti. Menurutnya lebih baik berjaga-jaga dibandingkan kesusahan nantinya saat membutuhkan. Dirinya juga memahami iuran yang dirinya bayarkan bisa membantu peserta lain yang membutuhkan pelayanan pengobatan di fasilitas kesehatan.

“Perbedaan pada saat saya sudah terdaftar menjadi peserta Program JKN-KIS dengan sebelum memiliki jaminan kesehatan paling berasa ialah rasa kekhawatiran yang berkurang karena kita sudah tenang saat ini, tinggal memastikan jangan lupa bayar iuran agar kartu selalu aktif. Saya juga tidak merasa rugi membayar namun belum menggunakan, alhamdulillah saya diberikan kesehatan selalu, iuran saya juga bisa berguna bagi peserta lain yang membutuhkan pengobatan, nanti saat saya berobat juga saya dibantu oleh iuran peserta lainnya, saling gotong royong, “ tutupnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular