Rabu, Desember 1, 2021
Beranda Berita Nyaman dan Tenang Saat Operasi Karena Sudah Dijamin JKN-KIS

Nyaman dan Tenang Saat Operasi Karena Sudah Dijamin JKN-KIS

Bekasi, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dicanangkan pemerintah mewajibkan seluruh warga negara Indonesia untuk masuk terdaftar dalam program ini, bahkan warga negara asing yang sudah 6 bulan tinggal di Indonesia diwajibkan untuk terdaftar. BPJS Kesehatan sebagai lembaga pemerintah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Program JKN-KIS ini pun dituntut untuk bisa mengelola dan menjalankan jaminan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat Indonesia.

Pada Selasa (27/07) Tim Jamkesnews berkesempatan berbincang dengan salah satu pelajar yang juga sudah terdaftar ke Program JKN-KIS, bahkan sudah beberapa kali merasakan manfaatnya. Salwa Auliya Ananda, remaja yang masih duduk di bangku sekolah menengah atas ini menceritakan pengalamannya dan pandangannya mengenai Program JKN-KIS. Dirinya dan keluarga sudah terdaftar cukup lama kedalam Program JKN-KIS.

“Saya dan keluarga sudah terdaftar cukup lama, sudah beberapa kali juga menggunakan untuk pengobatan baik di rumah sakit maupun di klinik. Sejauh ini yang saya rasakan alhamdulillah memuaskan dan sangat baik, baik dari sisi pelayanan di fasilitas kesehatan maupun proses pendaftaran menggunakan JKN-KIS. Saya sendiri udah beberapa kali menggunakan kartu ini untuk berobat,” jelasnya.

 Salwa menceritakan beberapa waktu lalu dirinya sempat menjalani operasi gusi di salah satu rumah sakit. Walaupun ia terdaftar di Program JKN-KIS kelas 1 namun dirinya merasakan bahwa pelayanan yang diberikan tidak dibedakan dengan peserta lainnya selama di rumah sakit. Penjaminan yang di berikan BPJS Kesehatan juga mempermudah peserta sehingga peserta merasa aman dan nyaman dikarenakan sudah dijamin pelayanan kesehatannya.

“Selama ini sudah banyak pengobatan yang saya lakukan dengan JKN-KIS. Karena tidak hanya untuk berobat saja, namun juga untuk operasi pun pernah. Contohnya pengobatan terakhir saya menggunakan JKN-KIS untuk operasi gusi saya di salah satu rumah sakit. Alhamdulillah prosesnya mudah, dijamin, rumah sakit pun juga nyaman dan dokter serta perawat juga ramah, tidak dibedakan pasien dari mana dan dengan jaminan apa,” jelasnya.
Tidak hanya itu, ia mengungkapkan bahwa tidak hanya segi biaya yang terjamin saat pengobatan, ia pun juga  mengatakan semenjak menggunakan JKN-KIS untuk pelayanan kesehatannya ia merasakan ada ketenangan tanpa harus merisaukan kekhawatiran apabila sakit nanti.
Dirinya juga mengajak masyarakat lain agar bisa tenang mencari rezeki atau menjalani hari-hari, untuk segera terdaftar Program JKN-KIS.

“Ada perasaan lebih tenang serta lebih nyaman sehari-hari karena sudah memiliki jaminan kesehatan. Dan semenjak terdaftar, saya rasa tidak mengalami kekhawatiran juga dalam diri saya terkait biaya. Kalau dulu kan mau berobat harus siap dulu uangnya, padahal belum tahu sakitnya apa dan menghabiskan biaya berapa, kalau sekarang tinggal langsung berobat tidak memikirkan biayanya, yang penting ikut prosedur maka pasti dijamin,” tutupnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular