Senin, Oktober 25, 2021
Beranda Berita Lindungi Keluarga Dengan JKN-KIS

Lindungi Keluarga Dengan JKN-KIS

Bekasi,Jamkesnwes – Pada hari Rabu (16/06) Tim Jamkesnews berkesempatan berbincang dengan salah satu Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Yuda (28) merupakan seorang bapak dari 2 anak ini dengan senang hati berbincang mengenai pendapatnya tentang Program JKN-KIS.

“Untuk kartu JKN-KIS sendiri saya dan keluarga dapat tanggungan dari perusahaan bekerja, alhamdulillah punya jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan jadi apabila ada apa-apa tidak khawatir. Jaman sekarang kalau tidak punya jaminan sosial sepertinya was-was gitu apabila terdesak mau seperti apa, syukur-syukur kalau punya rezeki lebih dari cukup jadi tenang aja, lah kalau pas lagi pas-pasan banget kan susah juga,” jelasnya.

Yuda mengatakan bahwa biaya kesehatan pada era sekarang semakin tinggi, ditambah dengan berbagai penyakit baru yang sangat membahayakan. Dalam mencegah hal tersebut, dirinya dan keluarga selalu menjaga kesehatan setiap harinya dengan banyak melakukan aktivitas yang mendorong daya tahan tubuh kuat.

“Era sekarang biaya berobat kalau bayar mahal, tidak dapat diprediksi, memang seakan-akan kita dilayani maksimal banget, padahal kalau dipikir belum tentu pelayanan itu diperlukan menangani penyakit kita, sehingga biaya kesehatan membengkak. Sebisa mungkin jagalah kesehatan, banyak gerak keluarin keringet, pandemi gini tidak perlu lah olahraga rame-rame, lari disekitar rumah aja udh cukup, kalau perlu di dalam rumah aja lari di tempat atau push up juga bisa,” jabarnya lebih lanjut.

Menurutnya untuk mendaftar Program JKN-KIS sangatlah mudah, Yuda mengatakan bahwa hampir seluruh keluarganya sudah terdaftar, termasuk orang tuanya. Resiko penyakit tentu akan bertambah besar seiring dengan bertambahnya usia, hal ini yang mendasari Yuda mendaftarkan orang tuanya ke Program JKN-KIS.

“Penting banget lah punya jaminan ini, apalagi buat orang tua kita, semakin tua semakin banyak penyakit yang timbul. Kita sih tidak berharap orang tua kita sakit, pengennya sehat terus namun tubuh kan juga ada batasnya. Makanya udah dari lama orang tua terdaftar JKN-KIS.

Seharusnya masyarakat yang belum mendaftar atau kurangnya informasi program ini segera ke BPJS Kesehatan terdekat untuk mendapat pemahaman lebih, atau seperti saya punya aplikasi Mobile JKN jadi segala sesuatu mudah seperti informasi atau pengaduan,” tutupnya. (VM/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular