Senin, Oktober 25, 2021
Beranda Berita JKN-KIS Jamin Peserta Di Seluruh Wilayah Indonesia

JKN-KIS Jamin Peserta Di Seluruh Wilayah Indonesia

Bekasi, Jamkesnews – Memasuki jaman saat ini, dimana akses fasilitas kesehatan semakin terbuka bagi masyarakat tentu suatu jaminan kesehatan merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh setiap individu. Pada Rabu (28/07) Tim Jamkesnews berkesempatan berbincang dengan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat yaitu Antin Nuryani. Warga bekasi ini merupakan peserta Program JKN-KIS kelas satu dan sudah cukup lama terdaftar.

“Saya dan keluarga itu terdaftar di kelas satu, nah dengan saya menggunakan dan menjadi bagian peserta Program JKN-KIS pertama lebih mudah dalam penggunaanya, dan jikalau saya pergi keluar kota bisa dibawa, tidak sulit saat saya gunakan kartu tersebut apabila misalkan disaat pulang kampung bisa dipakai walaupun dalam keadaan darurat (sakit) walaupun klinik kita tidak terdaftar dikampung,” ungkapnya.

Lalu ia menjelaskan, dengan penggunaan BPJS Kesehatan dapat membantu dirinya  beserta keluarga dalam peroses pembiayaan perobatan sehingga terjamin dan tidak ada rasa kekhawatiran yang mendera. Ia mengaku bahwa telah lama menggunakan JKN-KIS sebagai penjamin perobatan yang ia lakukan bersama keluarganya. Menurutnya terdapat perbedaan yang menonjol pada saat ia sebelum dan setelah menggunakan Program JKN-KIS.

“Ada beberapa perbedaan disaat sebelum dan sesudah saya mempunyai KIS, salah satunya yaitu disaat saya belum mempunyai KIS, kita harus benar-benar menyiapkan persediaan uang terlebih dahulu jika ingin berobat, makanya apabila tidak megang uang terus sakit, akan semakin stres, namun disaat sudah memiliki KIS, Insya allah tidak ada uang pun bisa berobat karena memang sudah dijamin pengobatannya,” jelasnya.
Tidak hanya itu, ia pun menerangkan kelebihan Program JKN-KIS yang didapatkan disaat penggunaan beberapa waktu yang lalu. Dirinya pun mengajak masyarakat yang belum atau tidak menggunakan BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan dirinya dengan harapan bisa mempermudah dalam biaya perobatan disaat kita butuhkan di lain waktu jika memang benar-benar kondisi memerlukan.

“Untuk Kelebihannya sendiri sih menurut saya, yang penting kita bisa mengikuti arahan prosedur program BPJS nya pasti kita dijamin bahkan sampai pengobatan yang mahal. Saya sih baru menggunakan untuk pengobatan saya seperti pusing, batuk, flu dan lain-lain, dan memang mudah prosedurnya dan dijamin. Untuk yang belum ikut serta dalam JKN-KIS, hayuk segera daftarkan diri kalian ke BPJS Kesehatan. agar diri merasa lebih tenang dan ketika mau berobat tidak terburu buru menyiapkan uang ” terangnya. (VM/pm)
 

RELATED ARTICLES

Most Popular