Selasa, September 21, 2021
Beranda Berita Perlunya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Perlunya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi

Bekasi, Jamkesnews – Sakit ataupun musibah merupakan hal yang tidak bisa diketahui oleh setiap manusia kapan datangnya. Namun risiko sakit bisa dicegah dengan cara menerapkan pola hidup sehat seperti, makan dan minum teratur, makan dengan makanan yang bergizi dan diiringi olah raga secara teratur. Jika semua hal itu sudah diterapkan secara rutin dan disiplin maka semua itu akan menjadi terbiasa untuk diri kita sendiri guna menyehatkan tubuh kita.

Pada hari Kamis (03/06) Tim Jamkesnews berkesempatan berbincang dengan salah satu wiraswasta muda, Iqbal. Pria kelahiran 1990 ini merupakan seorang kepala keluarga yang sangat peduli dan memperhatikan pola hidup sehat di keluarganya. Baginya menjaga kesehatan itu sangatlah penting sekali apalagi di saat masa pandemi seperti ini. Dirinya dan keluarga juga sudah terdaftar di Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

“Pola hidup sehat tuh wajib banget diterapin oleh seluruh masyarakat, apalagi masa pandemi seperti ini, virus banyak berkeliaran di mana- mana. Semakin kita harus perduli sama diri sendiri untuk menjaga kesehatan karena kalau bukan diri kita sendiri yang perduli terhadap kesehatan kita, lalu siapa yang akan perduli,” ujarnya.

Iqbal juga mengungkapkan jika sampai sekarang ini ia belum pernah sama sekali menggunakan kartu tersebut walaupun sudah terdaftar cukup lama. Selain berharap untuk tidak menggunakan dirinya juga ingin iuran yang dia bayarkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat lain.
“Saya bersyukur sih sampai sekarang belum pernah ngerasain menggunakan kartu JKN-KIS saya berarti Tuhan masih memberikan saya kesempatan untuk tetap sehat, tapi saya juga tidak bisa ngeremehin walaupun saya sehat-sehat saja setidaknya saya tetap hati – hati untuk menjaga kesehatan agar tidak sakit. Lagipula iuran saya bisa digunakan orang lain untuk membiayai pengobatannya, sekalian beramal kan, lah kalo saya sakit juga gagal deh saya beramal hehehe iurannya dipakai sendiri oleh saya,” jelasnya.

Iqbal mengatakan hidup sehat saja tidak cukup apabila tidak memiliki jaminan kesehatan, menurutnya jaminan kesehatan sangat menopang roda ekonomi, khusunya ekonomi keluarga. Biaya kesehatan yang semakin tinggi mengikuti perkembangan teknologi membuat sebagian masyarakat memilih tidak mengobati penyakitnya ataupun memilih alternatif.

“Punya jaminan kesehatan itu sebagai penopang kita, jaga-jaga. Kalau misal kita sakit terus ga bisa cari penghasilan apalagi ternyata biaya berobat mahal, semua ikut repot dan susah pasti. Oleh karena itu pentingnya punya jaminan kesehatan tuh bisa membantu pengobatan agar biaya yang dikeluarkan minimal bahkan bisa gratis,” tutupnya. (DA/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular