Selasa, September 21, 2021
Beranda Berita Operasi Hernia Lancar Berkat JKN-KIS

Operasi Hernia Lancar Berkat JKN-KIS

Bekasi, Jamkesnews – Pada Selasa (06/04) Tim Jamkesnews berkesempatan berbincang dengan salah satu Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat yang sedang berbaring di rumah sakit dikarenakan harus menjalani operasi hernia. Febri (25) mengatakan dirinya senang dikunjungi oleh Tim Jamkesnews untuk berbagi pengalamannya menggunakan JKN-KIS untuk berobat.

“Awalnya saya memang sering merasakan sakit dibagian perut, saya pikir sakit lambung makanya biasanya minum obat maag kemudian tidur dan hilang sakitnya, tapi kemarin karena saya berkendara cukup lama sekitar 6 jam kemudian kumat lagi, saya kerumah sakit ternyata saya kena hernia dan harus langsung dioperasi,” jelasnya.

Untuk masyarakat awam biasanya hernia sering juga disebut dengan turun berok dimana hernia sendiri berdasarkan berbagai sumber mempunyai arti masalah kesehatan yang terjadi ketika ada organ yang mendorong melalui lubang otot atau jaringan yang menahannya, namun memang biasanya terjadi di bagian perut tetapi bisa juga dibagian lain seperti paha bagian atas.

“Saat dijelaskan oleh dokter mengenai penyakitnya baru saya sadari memang saat sedang badan lelah atau sehabis aktivitas yang cukup tinggi saya lalui maka sakit itu biasanya muncul. Waktu dokter bilang harus operasi saya juga cukup kaget karena selain hal baru untuk saya, saya juga harus memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk proses operasi itu,” jelasnya.

Biaya penyembuhan dan perawatan yang tidak sedikit membuat Febri banyak pikiran, di mana satu sisi ia harus sembuh dan juga disisi lain berapa biaya yang harus ia keluarkan. Lebih lanjut dirinya menjelaskan saat itu rumah sakit langsung menanyakan apakah memiliki JKN-KIS dimana apabila memiliki maka bisa digunakan untuk menanggung seluruh biaya pengobatan dan perawatannya.

“Banyak yang dipikirkan sehingga banyak hal lain yang dilupakan, seperti masalah biaya awalnya saya bingung biayanya darimana hingga kelupaan kalau saya memiliki KIS yang dibayarkan melalui perusahaan, untung pihak rumah sakit menanyakan dan alhamdulillah bisa digunakan dan biayanya bisa tercover,” ulasnya. (DA/pm)

RELATED ARTICLES

Most Popular