Senin, Oktober 25, 2021
Beranda Serba-Serbi Wah! ini 5 Negara dengan Angka Bunuh Diri Tertinggi

Wah! ini 5 Negara dengan Angka Bunuh Diri Tertinggi

BEKASIMEDIA.COM – Setiap tahunnya sejak 2003, tanggal 10 September diperingati sebagai World Suicide Prevention Day atau Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia. WHO (World Health Organization) sendiri pernah mencatat angka bunuh diri di dunia sangat tinggi. Meskipun belum dikeluarkan catatan jumlah pasti dan resmi, tetapi hampir 800 ribu jiwa disinyalir melakukan aksi bunuh diri setiap tahunnya.

Suicide atau bunuh diri ini bahkan dicatat sebagai penyebab kematian terbesar ketiga di dunia di rentang usia 15-19 tahun. Catatan dari Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat
yang dipublikasikan pada 10 September 2020 mencatat bahwa di Indonesia sendiri, WHO sempat meramalkan pada tahun 2020 angka bunuh diri secara umum akan berada di angka 2,4 per 100.000 jiwa. Artinya Diperkirakan, sudah terjadi 1800 kasus bunuh diri pertahun.

Sementara itu, di dunia, angka bunuh diri juga dikatakan masih cukup tinggi. Setidaknya ada 5 negara dengan angka kasus bunuh diri terbanyak. Wah, Negara mana saja?

1. Korea Selatan

Negeri Ginseng yang ingar bingar dengan K-Pop dan K-Drama ini nyatanya menjadi negara dengan indeks kasus bunuh diri tertinggi. Kebanyakan kasus dipengaruhi faktor depresi. Bahkan selama rentang beberapa tahun ke belakang, banyak aktor/aktris dan idol Korea yang juga meninggal karena bunuh diri.

Dilansir IDN Times, Jurnal sains dalam NCBI (National Center of Biotechnology Information) mencatat bahwa tingkat bunuh diri di Korea Selatan mencapai hampir 26 per 100 ribu populasi pada tahun 2018 silam, dan angka ini bertambah pada tahun berikutnya. Ini menjadikan Korea Selatan sebagai negara lima besar dengan angka bunuh diri tertinggi di dunia.

2. Guyana

Siapa sangka negara kecil di Amerika Selatan ini memiliki tingkat kasus bunuh diri yang lebih tinggi dibandingkan Korea Selatan? Penduduknya hanya 800 ribu jiwa tapi menurut data jumlah kasusnya 29 per 100 ribu populasi.

3. Jepang

Negeri Sakura ini terkenal akan keindahan alam, kebersihan, teknologi juga tata Krama masyarakatnya. Namun rupanya, dalam kurun waktu 20-30 tahun ke belakang ini, Jepang tetap menjadi negara dengan angka bunuh diri terbanyak. Kendati demikian pemerintah Jepang pada tahun 2019, dinilai telah berhasil menekan angka kasus bunuh diri di sana.

4. Rusia

Negara yang bisa dikatakan cukup disegani di seluruh dunia ini ternyata memiliki angka bunuh diri tertinggi, mencapai angka 30 per 100 ribu populasi. Faktor penyebab bunuh diri sendiri dikatakan antara lain karena depresi, masalah ekonomi, kesenjangan sosial, kriminalitas, dan lain-lain.

5. Lithuania

Negara ini pernah dijuluki negara paling depresi sedunia. Meskipun jumlah penduduknya tidak bisa dikatakan lebih banyak dari negara lain, bahkan jika dibandingkan dengan Indonesia, nyatanya Lithuania menempati urutan tertinggi kasus bunuh diri yakni di angka 31.9 per 100 ribu populasi.

(Anr)

RELATED ARTICLES

Most Popular