Selasa, September 21, 2021
Beranda Advertorial 5 Tips Memilih SMA atau SMK, Lebih Baik Mana?

5 Tips Memilih SMA atau SMK, Lebih Baik Mana?

BEKASIMEDIA.COM – Ketika sudah duduk di bangku SMP kelas 9 pasti sudah mulai memikirkan akan melanjutkan sekolah kemana, SMA atau SMK. Untuk menentukan pilihan ini tentu butuh kematangan berpikir. Hal ini dikarenakan apa yang dipilih akan mempengaruhi masa depan. Maka dari itu, tips memilih SMA atau SMK penting untuk diperhatikan agar tidak salah pilih sekolah. Pada dasarnya, baik SMA atau SMK sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jurusan yang tersedia di SMA maupun SMK sangat berbeda jauh. Jurusan yang ada di SMA hanya IPA, IPS dan Bahasa, sedangkan jurusan di SMK sangat banyak. Berbeda dengan SMA, lulusan SMK sudah dipersiapkan untuk siap kerja. Supaya tidak salah pilih sekolah, sebaiknya ketahui beberapa tips memilih SMA atau SMK.

  1. Memahami Jurusan yang Ada di SMA atau SMK

Sebelum mengambil keputusan untuk sekolah dimana, sebaiknya terlebih dahulu memahami jurusan yang ada di SMA atau SMK. Jika memilih SMA maka hanya akan menemukan jurusan IPA atau IPS, terkadang juga tersedia jurusan Bahasa. Sedangkan untuk pilihan jurusan yang ada di SMK sangat banyak, seperti tata rias, tata boga, tata busana, teknik mesin, teknik elektro, pemasaran, akuntansi, administrasi perkantoran dan masih banyak lagi.

Siswa yang sekolah di SMA lebih dicondongkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan lulusan SMA belum memiliki keterampilan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Sedangkan pelajar yang sekolah di SMK dibekali dengan skill supaya bisa langsung terjun ke dunia kerja.

  1. Sesuaikan dengan Bakat dan Minat

Pilihlah sekolah sesuai dengan bakat dan minat serta kebutuhanmu di masa depan. Salah satu bahan pertimbangannya adalah memilih SMA atau SMK yang menyediakan banyak ekstrakurikuler dan memiliki track record yang baik dalam mengantarkan lulusannya masuk di perguruan tinggi favorit atau diterima bekerja di perusahaan ternama. Maka dari itu, kenapa bakat dan minat yang kamu miliki sebelum memilih SMA atau SMK.

  1. Meminta Saran Orang Tua

Tips memilih SMA atau SMK selanjutnya adalah meminta saran orang tua. Meski nantinya kamu yang menjalani sebaiknya tetap meminta saran atau pendapat orang tua. Alasannya karena orang tua sudah memiliki banyak pengalaman dan bisa dijadikan panduan dalam memilih sekolah yang tepat. Selain itu, ridho orang tua akan memudahkan jalanmu untuk mencapai cita-cita.

  1. Melihat Kondisi Keuangan Orang Tua

Saat memilih sekolah, kondisi keuangan orang tua juga harus dijadikan pertimbangan. Hal ini karena sekolah juga membutuhkan biaya. Pada umumnya, biaya pendidikan di SMA relatif lebih murah dibandingkan SMK. Penyebabnya adalah di SMK kegiatan praktiknya cukup banyak.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi besarnya biaya pendidikan, seperti jurusan yang diambil, sekolah yang dipilih dan sebagainya. Maka dari itu, penting untuk melihat kondisi keuangan orang tua.

  1. Jangan Ikut-ikutan Teman

Dalam memilih sekolah sebaiknya jangan ikut-ikutan teman karena pilihan teman bukan berarti yang terbaik buat kamu. Selain kedepannya bakal menyulitkan kamu mempelajari materi yang diberikan tetapi bisa saja pilihan teman tidak sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Jika hal ini dipaksakan maka kamu tidak akan berkembang menjadi lebih baik. Tentu ini akan sangat mempengaruhi masa depanmu.

Itulah 5 tips memilih SMK atau SMK. Kedua jenjang sekolah tersebut sama-sama yang terbaik karena memiliki keunggulan masing-masing.. memilih SMA atau SMK sama-sama akan mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman.

Jika kamu lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan di SMA, direkomendasikan untuk memilih SMA Dwiwarna (Boarding School). SMA swasta unggulan di Bogor Jawa Barat ini merupakan salah satu sekolah favorit dan unggulan yang dibuktikan dengan Akreditasi A (98).

 

RELATED ARTICLES

Most Popular