Selasa, September 21, 2021
Beranda Berita Melirik Pembuatan Mie Sehat ala Kader PKS Medansatria

Melirik Pembuatan Mie Sehat ala Kader PKS Medansatria

BEKASIMEDIA.COM – Siapa yang tidak suka makan mie?
Nampaknya makanan cepat saji satu ini amat diminati semua kalangan.
Tua, muda, semua usia bisa dengan mudah menjadi penggemar mie instan.

Mie instan yang beredar di pasaran banyak ragamnya, bahkan yang mengklaim paling sehat pun ada. Memang, konon kita ketahui, mengonsumsi mie instan secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan. Inilah yang menjadi salah satu alasan dan latar belakang diadakannya pelatihan pembuatan mie sehat ala ibu-ibu Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS di Medan Satria.

Mie Sehat ala emak-emak PKS Medan Satria ini cukup unik, karena terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Pewarna yang dipakai menggunakan berbagai ekstrak buah dan sayur. Ekstrak wortel digunakan untuk pewarna jingga, ekstrak daun bayam digunakan untuk pewarna hijau, dan ekstrak buah bit serta buah naga untuk pewarna merah alami. Dengan demikian akan didapatkan mie dengan beragam warna alami yang menarik.

Selain menggunakan pewarna alami, mie sehat ini juga tidak menggunakan bahan berbahaya seperti pengawet dan pengenyal. Namun, mie yang dihasilkan tetap memiliki tekstur yang lembut dan kenyal dengan menggunakan teknik tertentu

Esi selaku mentor dalam pelatihan kali ini mengatakan, “Semoga ibu-ibu dapat membuat mie sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang sehat, alami, serta ramah dan aman untuk anak.”

Dalam pelatihan kali ini, peserta tidak hanya diajarkan untuk membuat mie, tetapi juga diajarkan simulasi membuat mie ayam sehat. Mulai dari membuat minyak ayam, membuat bumbu mie ayam, hingga penyajian mie ayam diajarkan dalam pelatihan ini.

Setelah mie ayam matang tersaji, peserta diperbolehkan mencoba mie ayam tersebut. Efta selaku peserta pelatihan mengatakan bahwa mie ayam tersebut enak, kenyal, dan lembut.

Para peserta mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan kali ini dan berharap ada pelatihan lain di kemudian hari yang diadakan oleh BPKK DPC PKS Medan Satria. Beberapa ibu yang mengetahui acara ini tetapi belum berkesempatan hadir, juga berharap agar pelatihan pembuatan mie sehat ini dapat diadakan lagi di lain waktu.

Pelatihan Pembuatan Mie Sehat tersebut diadakan di rumah salah satu peserta, tepatnya di Perumahan Taman Harapan Baru (THB), pada hari Kamis (01/04/2021).

Peserta pelatihan pembuatan mie sehat ini berjumlah sekitar 8 orang yang berasal dari daerah Medan Satria. Selain membatasi jumlah peserta, kegiatan pelatihan ini juga tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku di saat pandemi.
(Mth)

RELATED ARTICLES

Most Popular