Selasa, April 13, 2021
Beranda Berita Khutbah Jum'at, Ketua DPRD: Tegakkan Keadilan, Profesional dalam bekerja dan Selalu Peduli...

Khutbah Jum’at, Ketua DPRD: Tegakkan Keadilan, Profesional dalam bekerja dan Selalu Peduli terhadap Sesama

BEKASIMEDIA.COM – Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J. Putro memberikan Khutbah Jum’at di Masjid Al Furqon, Kompleks Perumahan Bintang Metropole, Kelurahan Perwira, Bekasi Utara, 12/3/2021.

Dalam Khutbah Jum’atnya, Chairoman secara khusus membahas Qur’an Surat An Nahl Ayat 90, yang selalu dibaca para Khatib Jum’at pada setiap penutup Khutbahnya dan diulang-ulang setiap pekan, pada setiap Jum’at.

“Menurut Imam Fachrudin Ar Rozi, dalam Tafsir Al Kabiir, ada 3 Perintah dan 3 larangan yang terkandung dalam Qur’an Surat An Nahl Ayat 90,” Papar Chairoman.

“Sesungguhnya Allah SWT memerintahkan 3 Perintah kepada kaum muslimin yaitu ; Agar selalu berlaku adil dalam setiap kesempatan, selalu beramal secara Ihsan/profesional dalam beramal/bekerja agar menghasilkan kerja-kerja terbaik, serta memberi makan kepada kerabat, jangan sampai kelaparan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian sosial kita kepada sesama,” jelasnya.

Chairoman juga menjelaskan perihal tiga larangan dari Allah SWT dalam surat An Nahl ayat 90 adalah sebagai berikut: “Jangan kita memperturutkan hawa nafsu yang tidak pernah puas, Jangan kita melakukan kerusakan di muka bumi, dan Jangan kita melakukan permusuhan dan perpecahan di antara sesama kita,” terangnya.

Chairoman Mengingatkan kepada seluruh Kaum Muslimin Jamaah Jum’at agar memahami dan mengamalkan dengan sebaik-baiknya apa yang terkandung dalam Qur’an Surat An Nahl Ayat 90.

Chairoman juga mengingatkan bahwa apa yang terkandung di dalam Qur’an Surat An Nahl 90 ini, adalah pesan untuk seluruh lapisan umat Islam dan juga pesan Kebangsaan untuk seluruh Rakyat Indonesia, khususnya di Kota Bekasi ; untuk para Pejabat juga untuk seluruh rakyat dalam berbagai lapisan masyarakat.

Chairoman Menambahkan, “Khalifah Umar Bin Abdul Aziz pada tahun 717 M/99 H, menulis pesan kepada seluruh Khatib di wilayah Kekhalifaan Islam pada saat itu, agar selalu membacakan Qur’an Surat An Nahl ayat 90 pada setiap penutup khutbahnya, karena melihat situasi perpecahan dikalangan Umat & Bangsa pada saat itu, dan mengingatkan tentang pentingnya persatuan dan kesatuan Umat & Bangsa”. (Alwi)

RELATED ARTICLES

Most Popular