Selasa, April 13, 2021
Beranda Kota Ketua DPRD Kota Bekasi: Mal Pelayanan Publik H. Dudung T Ruskandi Unik

Ketua DPRD Kota Bekasi: Mal Pelayanan Publik H. Dudung T Ruskandi Unik

BEKASIMEDIA.COM – Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro mengapresiasi diresmikannya Mal Pelayanan Publik H. Dudung T Ruskandi yang berada di BTC Mall, Jl. H. Joyomartono, Bekasi.

“Di beberapa tempat selain Bekasi Mal Pelayanan Publik dibangun gedung sendiri, uniknya di Bekasi di Mal, sehingga masyarakat tidak hanya ke Mal Pelayanan tapi juga mendapatkan keperluan mereka,” kata pria berpeci hitam ini.

Ia berpesan kepada pemerintah kota Bekasi, bahwa pekerjaan rumah selanjutnya adalah sosialisasi kepada masyarakat bagaimana cara mereka mendapatkan pelayanan.

“Kalau ini tidak disosialisasikan dengan masif, sangat disayangkan, karena inti dengan Mal Pelayanan Publik ini untuk mempercepat akses bagi masyarakat sekaligus mengintegrasikan berbagai layanan dari instansi vertikal maupun OPD, tentunya sangat mudah dalam proses pelayanannya,” katanya.

Diketahui ada 24 Instansi dan pelayanan OPD antara lain:

1. Kanwil Dup Jabar III
2. BEA CUKAI Bekasi
3. Migrasi
4. Kemenag
5. DPMTSP Provinsi
6. Kejaksaan Negeri
7. Polres metro Bekasi
8. Kantor Pertanahan
9. Bapenda Kota Bekasi
10. Disdukcapil Kota Bekasi
11. Disnaker Kota Bekaelsi
12. DINKES KOTA BEKASI
13. PT. Taspen
14. BPJS Ketanagakerjaan
15. PT TELKOM
16. PT POS
17. BANK BRI
18. BANK BJB
19. BANK BNI
20. PDAM TIRTA PATRIOT
21 BPRS
22. Samsat
23 DPMPTSP Kota Bekasi
24. Instansi/OPD yang tergabung dan 143 Jenis Layanan Tersedia

Sedangkan contoh layanan yang bisa diakses masyarakat di Mal Pelayanan Publik antara lain pengurusan jenis perizinan dan non perizinan, administrasi kependudukan lainnya, perpanjangan SIM, layanan pajak, layanan imigrasi hingga layanan pernikahan. (Terlampir sebanyak 143 jenis layanan beserta instansi penangung jawab). Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi Grha H. Dudung T. Ruskandi juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan ramah terhadap kaum rentan yakni :

1. Ruang Laktasi

2. Loket Disabilitas

3. Toilet Disabilitas;

4. Guiding Block;

5. Ruang Bermain Anak;

6. Ruang tunggu;

7. Mushola;

8. Lounge Investasi;

9. Pojok Baca;

10. Gerai UMKM; dan

11. Balai Nikah.

Serta sebagai upaya pencegahan covid-19 dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat pada saat proses pelayanan, Mal Pelayanan Publik Kota Bekasi juga menyediakan fasilitas pendukung di antaranya: hand sanitizer otomatis dan pengukur suhu tubuh otomatis.

Selain itu dalam memanfaatkan teknologi dan memudahkan masyarakat dalam memperoleh layanan, MPP Kota Bekasi Grha H. Dudung T. Ruskandi juga memiliki mesin antrean (SIMPEL ANTRI), Layar panggilan, anjungan Dukcapil mandiri dan Closed-Circuit Television (CCTV). (Ham)

RELATED ARTICLES

Most Popular