Selasa, April 13, 2021
Beranda Berita Enam Ciri Pinjaman Online Aman yang Kamu Harus Ketahui!

Enam Ciri Pinjaman Online Aman yang Kamu Harus Ketahui!

Ketahui Ciri-Ciri Aplikasi Pinjam Online yang Aman

Saat ini aplikasi pinjaman uang sudah banyak beredar di Indonesia. Namun, tidak semua pinjaman uang tersebut aman dan terpercaya. Artinya masih ada banyak aplikasi pinjaman uang yang ilegal. Karenanya, Anda harus lebih berhati-hati dalam mengajukan pinjaman online OJK di aplikasi tertentu. Supaya Anda tidak menjadi korban penipuan sebaiknya ketahui ciri-ciri aplikasi pinjam uang yang aman. Berikut ciri-ciri aplikasi pinjol yang aman:

  1. Pinjaman Online Terdaftar di OJK

Bagian penting untuk terhindar dari jeratan pinjaman online ilegal adalah memastikan lembaga pinjaman online tersebut telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK. Namun, jika lembaga pinjaman online yang Anda temukan mengaku telah terdaftar OJK, jangan langsung percaya. 

Hal ini karena OJK secara berkala akan mengumumkan daftar penyelenggara fintech yang legal dan ilegal. Untuk lebih aman, cek sendiri legalitas lembaga pinjaman online yang hendak dipilih dengan mengunjungi situs resmi OJK atau menghubungi call center OJK 157.

  1. Bunga yang Dikenakan Tidak Mencekik

Tidak sedikit pinjaman online yang mengenakan bunga pinjaman hingga dua persen per hari. Artinya, jika Anda meminjam uang senilai Rp. 1 juta, bunga pinjaman akan bertambah minimal Rp. 10 ribu per hari. Hingga sebulan, besar bunga pinjaman menjadi Rp. 600 ribu. Tentunya nilai ini lebih dari setengah nilai pokok utang yang dipinjam.

Lembaga pinjaman online OJK terbaik akan mengenakan bunga yang masih wajar. Sebagai acuan, Anda bisa membandingan bunga di lembaga pinjol dengan bunga pinjaman di bank. Rata-rata bunga pinjaman di bank 0,7 sampai 2 persen per bulannya. 

  1. Alamat Kantor Jelas

Lembaga pinjaman online resmi harus memiliki alamat kantor yang jelas. Biasanya, alamat kantor dan nomor telepon yang bisa dihubungi akan tercantum pada situs resminya. Sebaliknya, jika alamat lembaga pinjaman online tidak jelas keberadaannya, kemungkinan lembaga tersebut ilegal atau lembaga palsu yang berniat menipu Anda. 

  1. Memiliki Situs dan Email Resmi

Abaikan jika Anda sering mendapatkan SMS penawaran pinjaman uang tunai. Kemungkinan penyedia pinjaman tersebut ilegal alias rentenir online yang akan merugikan. Apalagi, jika penyedia pinjaman tersebut tidak memiliki situs dan email resmi. 

Situs penyedia pinjaman online resmi akan berawalan “https”, bukan “http”. Hal ini menunjukkan bahwa situs itu menggunakan protokol socket secure layer (SSL) yang menyediakan proses enkripsi pada pertukaran data untuk mencegah terjadinya pencurian dan penyadapan data pengguna. Selain itu, email yang digunakan merupakan email resmi perusahaan, bukan menggunakan email gratis, seperti Gmail atau Yahoo.

  1. Transparansi Mekanisme Pinjaman

Penyedia pinjaman online terbaik tidak akan ragu menjelaskan bagaimana mekanisme peminjaman, termasuk batas pelunasan, suku bunga, dan simulasi cicilan. Sebagaimana, OJK telah mewajibkan setiap penyelenggara fintech untuk transparan kepada debitur mengenai prosedur peminjaman. Maka debitur tidak akan merasa dirugikan karena telah mengetahui resiko dari transaksi yang dilakukannya.

Itulah ciri-ciri aplikasi pinjaman online OJK yang aman. Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari aplikasi pinjaman online yang aman dan terpercaya. Ciri-ciri aplikasi pinjam uang aman di atas bisa Anda temukan di aplikasi Tunaiku. 

Aplikasi ini adalah pinjaman online OJK tanpa jaminan. Berbeda dengan pinjol, Tunaiku dikelola sendiri oleh perbankan sehingga risiko pinjaman online  relatif lebih kecil. Tunaiku menawarkan pinjaman mulai dari Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta dengan tenor pinjaman 6 bulan hingga 20 bulan.

Selain itu, Tunaiku juga membebaskan biaya provisi dan tidak mengenakan biaya tambahan bagi Anda yang ingin melunasi pinjaman lebih cepat dari jatuh tempo.  Tidak hanya itu, Tunaiku juga mendapatkan review yang sangat baik dari penggunanya. Bahkan, aplikasi Tunaiku sudah diunduh lebih dari 4 juta kali lho. Jadi, yuk unduh Tunaiku sekarang juga! 

 

RELATED ARTICLES

Most Popular