Selasa, September 21, 2021
Beranda Serba-Serbi Awan Jenis ini Muncul di Langit Bekasi, Pertanda Apa?

Awan Jenis ini Muncul di Langit Bekasi, Pertanda Apa?

BEKASIMEDIA.COM – setelah berhari-hari dirundung mendung dan hujan, perlahan awan jenis ini muncul di langit Bekasi. Kira-kira, pertanda apakah ini? Yap, gumpalan – gumpalan seperti kapas putih berbalur abu-abu menghiasi langit cerah biru Bekasi. Menurut info dari berbagai sumber fenomena tersebut disebut awan Altocumulus.

Awan ini biasanya tumbuh secara konveksi atau perpindahan panas melalui yang zat perantaranya ikut berpindah. Jadi dalam banyak kasus yaitu, ketika setelah udara lembap naik untuk bercampur dengan udara kering yang turun. Bisa dibilang habis mendung terbitlah cerah.

“Beautiful sky with grateful feeling,” posting akun berinisial Yola Damayanti berswafoto di bawah awan cerah diduga jenis Altocumulus ini, Minggu kemarin, sekitar sore hari.

Awan Jenis ini Muncul di Langit Bekasi, Pertanda Apa? BEKASIMEDIA.COM |
Sumber Foto: Akun FB Yola Damayanti

Awan dengan ketinggian sedang ini cukup umum di sebagian besar belahan dunia. Ia dapat terbentuk dalam kombinasi dengan jenis awan lain seperti Awan Cumulonimbus.

Saat pagi atau kondisi cuaca yang hangat dan lembap, kamu akan melihat awan jenis altocumulus. Sebagian besar Altocumulus terbentuk dari tetesan air, namun pada posisi yang lebih tinggi ia bisa menyimpan jutaan butiran es.

Tampak juga Altocumulus di waktu menjelang senja di kawasan sengketa Meikarta, Cikarang, Bekasi. Jurnalis Denis Salsa mengabadikan moment senja nan indah ini dalam perjalanannya bertugas. (RAM)

RELATED ARTICLES

Most Popular