Selasa, Agustus 3, 2021
Beranda Entrepreneur Teh Bedah, Keturunan Baduy yang Jualan Online dari Pedalaman

Teh Bedah, Keturunan Baduy yang Jualan Online dari Pedalaman

BEKASIMEDIA.COM – Teh Bedah (30), salah satu cucu keturunan Baduy memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dengan berdagang madu secara daring atau online di pedalaman, tepatnya di Lembah Barokah Ciboleger, Desa Bojong Menteng, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten.

Tak disangka wanita kelahiran Lebak dengan nama asli Imelda ini memiliki keahlian menawarkan produk dagangannya melalui media internet.

“Saya emang asli keturunan Baduy. Tapi memang pernah merantau lama di Tanjung Priok sejak umur 11 tahun,” kata Teh Bedah ketika ditanya pengalaman hidupnya di Jakarta.

Keahlian berdagang online dia pelajari saat tinggal di kota. Namun biaya kebutuhan hidup di kota sangat tinggi, Teh Bedah dan keluarganya memutuskan pulang ke kampung.

“Saya dan suami sempat bingung mau tinggal dimana, tapi Alhamdulillah ada saudara kasih informasi ada rumah untuk mualaf Baduy dan Dhuafa yang bisa di tempatin,” ungkap wanita 5 anak ini berkisah saat kembalinya ke Lembah Barokah Ciboleger.

Lembah Barokah Ciboleger adalah sebuah hunian masyarakat Muslim Baduy yang dibangun oleh Yayasan Spirit Membangun Ukhuwah Islamiyyah (YASMUI). Mereka tinggal di rumah-rumah panggung khas tradisi Baduy, wakaf dari para dermawan yang peduli muallaf Baduy. Sebelumnya, mereka tinggal di saung milik lahan orang lain.

Tidak hanya madu dan herbal ramuan asli Baduy lainnya, ternyata Teh Bedah juga berkeliling ke kampung-kampung sekitar untuk menawarkan barang dagangnya berupa produk kosmetik.

“Modal saya terpaksa harus pinjam bang keliling mas, kalo gak gitu saya ga jalan. Kepingin sih di sini ada koperasi nya gitu, biarin deh saya yang bimbing ibu-ibu disini biar bisa dagang,” sambut teh Bedah ketika ditanya modal awal menjalankan usahanya.

Teh Bedah berharap dari hasil dagangannya ini bisa membantu pemasukan tambahan keluarga, karena hasil upah buruh suaminya belum mencukupi. (RAM)

RELATED ARTICLES

Most Popular