fbpx

Furqon Siap Memimpin PP SPAMK FSPMI

“Abang siap mimpin buruh AMK se Indonesia?”

Pertanyaan ini saya lontarkan ke Bung Haji Furqon Furqon senior di tempat kerja, sekaligus guru dan teman diskusi dalam soal Ketenagakerjaan, Kerumahtanggaan dan Kekeluargaan.

Pertanyaan ini saya langsung tanyakan kepadanya karena beberapa bulan terakhir memang ramai dibicarakan di kalangan buruh, bahwa beliau akan maju menjadi calon ketua umum Pimpinan Pusat SPAMK FSPMI.

Setelah ramai dibicarakan beberapa pekan terakhir. Akhirnya sah! Kantong buruh AMK terbesar di Indonesia: Bekasi dan Karawang sepakat mengusungnya menjadi calon ketua umum, Rabu (27/1/2021)

Bagi yang belum paham: di FSPMI itu federasi. Dibawahnya ada serikat pekerja berdasarkan sektornya masing-masing. Ada SP AMK(Serikat Pekerja Automotif, Mesin, Komponen), SP EE (Serikat Pekerja Elektronik Elektrik), SP Logam, dll.

Nah, Bung Haji Furqon ini siap menjadi caketum SP AMK.

“Abang siap mimpin buruh AMK se Indonesia?”

“Insyaallah siap Jang. Bismillah!”

Nah, kalau siap! Ane terusin lagi tulisannya.

Saya mengenal beliau hampir dua puluh tahun. Pokoknya sepanjang kerja di pabrik ini dah. Sejak awal bergabung, sudah menyaksikan ia di serikat pekerja.

Dari dulu hingga sekarang ia tergabung di Departemen Quality. Cuma memang dari dulu sudah sibuk ngurusin quality hidup buruh.

Menyaksikan saat ia jadi pengurus serikat, saat jadi ketua serikat perusahaan, saat dua periode jadi ketua cabang Kota dan Kabupaten Bekasi, saat ia ikut memperjuangkan upah sektoral, saat ia ikut memperjuangkan UU BPJS, saat ia ikut memperjuangkan penghapusan outsourcing, saat ia menolak PP 78 hingga Omnibus Law.

Ia juga tak selalu menang dalam setiap kontestasi pemilihan yang diikutinya. Saya juga tak selalu memilihnya. Hanya saja, kualitas dan keistiqomahannya terlihat disitu. Rasa cinta dan perlindungannya pada organisasi buruh amat tinggi. Ketika kalah, ia tidak hilang, ia tetap di organisasi dan membersamai dengan caranya.

Ada seorang kawan di tempat kerja yang menjadi fans berat beliau.

“Buat saya pokoknya Furqon! Saya milih dia terus”

Kenapa Furqon?

“Dia bersih!” begitu katanya.

Menjadi pengurus serikat pekerja, banyak sekali peluang kebaikannya. Kalau satu perusahaan ada seribu karyawan. Maka ada peluang seribu kebaikan. Itu kalau karyawannya jomblo semua. Kalau sudah punya anak istri tentunya bertambah peluangnya.

Namun demikian, peluang terpelesetnya juga sama tingginya. Peluang gak ikhlas, peluang riya’, peluang disuap, peluang korupsi dan peluang negatif lainnya.

Furqon sosok anak Betawi yang memegang teguh prinsip-prinsip dasar itu. Keras bukan sembarang keras. Agama tetap jadi landasan utama.

“Pokoknya kalau elu bener, maju! Elu jangan takut kawan. Pokoknya maju dan elu pertahankan!” ungkap dia suatu ketika di meja ruangan serikat pekerja, lengkap dengan gerakan tangan dan sorot mata tajamnya.

Kalau diskusi bareng dia ya gak melulu soal Ketenagakerjaan. Kerumahtanggaan juga menjadi bagian tak terpisahkan.

Ia geregetan kalau melihat karyawati pabrik yang belum nikah-nikah. Geregetan kenapa bang? Pengen nikah lagi? Kagak. Gua pengen jodohin dia ama yang jomblo juga!

Menurutnya, teori kepemimpinan percuma kalau gak bisa mimpin keluarga. “Sebelum elu jadi pimpinan buruh, ya elu coba dulu bisa gak mimpin anak istri di rumah?” begitu katanya.

Selama menjadi pimpinan cabang SPAMK-FSPMI Kota dan Kabupaten Bekasi, ia juga membuat terobosan. Bukan saja dirinya dan staf pengurus yang punya grup WhatsApp, tetapi juga istri-istrinya. “Lah gua bikinin juga grup WA istri-istri pengurus. Biar pada tahu lakinya ngapain aja. Jadi kagak bisa bohong luh!”

#

Secara organisasi pekerjaan, sebenarnya dia harusnya menemani saya ngurusin dokumen produk di Quality Management System. Kadang ada yang nanya juga, “Furqon jarang disini Jang?”

Saya jawab..
“Saya ikhlas mendukungnya mas. Ada undang-undang yang melindunginya. Seorang aktivis buruh yang aktif di tingkat yang lebih tinggi mendapatkan dispensasi. Furgon udah mewakafkan dirinya ngurusin puluhan ribu anggota AMK se Kota dan Kabupaten Bekasi. Bukan hal yang mudah. Semoga mendapatkan banyak kebaikan disitu dan saya kebagian manfaatnya!”

Nah sekarang dia siap mengemban amanah yang lebih besar itu. Menjadi pejuang bagi jutaan buruh Anggota SPAMK-FSPMI se Indonesia.

Bismillah Bang Haji !
Maju!

Titip salam untuk seluruh Pengurus PUK SPAMK-FSPMI se Indonesia Raya.

Furqon orang baek.

Cikarang, 2/2/21

 

Enjang Anwar Sanusi

Anggota SPAMK-FSPMI