fbpx

Pengamat: HK Terpilih lagi Pimpin PKS, Sinyal Kuat Rebut Bekasi 1

calon walikota bekasi

BEKASIMEDIA.COM – Pengamat Politik dari Universitas Islam 45 (UNISMA) Kota Bekasi, Adi Susila menanggapi terpilih kembalinya Heri Koswara sebagai Ketua Umum DPD PKS Kota Bekasi Periode 2020-2025.

“Saya kira ini pengakuan kepada Pak Heri Koswara yang berhasil memimpin PKS Kota Bekasi. Saya kira bisa saja ini menjadi sinyal bahwa HK dimajukan sebagai calon walikota,” ungkap Adi Susila lugas kepada bekasimedia.com melalui sambungan telepon, Senin (28/12/2020) siang.

Adi Susila mencermati budaya di PKS yang biasanya melakukan pemilihan internal saat memajukan tokoh atau kader partai di ajang Pilkada. “Setahu saya kan PKS biasa melakukan pemilihan internal. Nah itu kemungkinan sangat besar peluang Pak HK untuk dimajukan.”

Selanjutnya, kata Adi Susila, dengan menguatnya dukungan kepada Heri Koswara, maka langkah berikutnya dari PKS adalah mencari pasangan yang ideal untuk dimajukan.

“Pasangan idealnya yang bisa melebarkan dukungan. Parpol atau tokoh yang bisa melebarkan dukungan. Bisa dari nasionalis atau yang lain. Intinya menambah konstituen. PKS kan sudah punya target market tersendiri. Nah tinggal cari yang bisa melengkapi.”

 

Apakah ada kemungkinan PKS berkoalisi dengan PDI Perjuangan?

“Kalau dugaan saya kemungkinannya kecil PKS koalisi dengan PDIP. Kemungkinannya PKS dengan Golkar. Terutama sudah ada presedennya dulu kan pernah,” kata Adi Susila yang menyertakan kisah sukses koalisi Golkar-PKS yang memenangkan Pilkada Kota Bekasi tahun 2013 dengan mengusung pasangan Rahmat Effendi-Ahmad Syaikhu.

“Kalau dengan PDIP sepertinya susah karena di Bekasi belum pernah. Di nasional juga demikian. Saya kira lebih mungkin dengan Golkar. PKS di nomor satu, Golkar di nomor duanya,” pungkas Adi Susila.

Sebelumnya, Senin (28/12/2020) ini Heri Koswara kembali terpilih dalam Musda V DPD PKS Kota Bekasi. Ia dilantik serentak secara daring dengan 500-an Ketua DPD PKS lainnya se Indonesia.

Berikut ini Dewan Pimpinan Tingkat Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Bekasi tahun 2020-2025:

Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) : H.M Saifuddaulah, SH, MH, M.Pd.I
Sekretaris Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) : Ade Hartono, S.Ag

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) : Heri Koswara, MA
Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) : Ir. H. Daradjat Kardono
Bendahara Dewan Pengurus Daerah (DPD) : Totok Prasojo, SE
Kaderisasi Dewan Pengurus Daerah (DPD) : Prof. Dr. Andi Andriasyah, M.Eng

Ketua Dewan Etik Daerah (DED) : Musyafa Muin, Lc
Sekretaris Dewan Etik Daerah (DED) : Dr. Ali Chudori

 

(denis)