fbpx

Bangunan Ludes Dilalap Api, Ponpes Baabussalam Sajira Butuh Bantuan

BEKASIMEDIA.COM – Pondok Pesantren Babussalam pimpinan KH. Sulaeman yang terletak di RT 07/RW 03 Desa Mekarsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten mengalami kebakaran. Ruang pimpinan Ponpes, tempat mengaji, dan kamar mandi santri hangus terbakar tak bersisa. Kebakaran terjadi pukul 03.00 Dini Hari kurang lebih sudah sepekan lalu.

Hasan Pasundan Ketua Adat Kecamatan Sajira menjelaskan bahwa saat itu api dengan cepat melalap bangunan Pimpinan Ponpes, ruang belajar dan kamar mandi santri. Bahan bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu membuat api dengan cepat menjalar dan menghanguskan apa saja yang ada di ruangan tersebut.

“Posisi api awal di belakang. Tapi menjalar cepat dan warga juga cepat datang menolong. Tapi jam 4 api sudah melalap semua. Bangunannya bahannya dari kayu dan bambu. Bukan bahan permanen,” mata Hasan saat dihubungi Bekasimedia, Ahad (6/12/2020).

Saat ini Pimpinan Ponpes dan sebagian Santri menginap di kobong (bangunan) lain yang tidak terbakar. Akan tetapi, kata Hasan, bangunan tersebut tidak cukup daya tampungnya.

“Jumlah santri putera puteri 30 orang,” kata Hasan.

Adapun kerugian yang dialami Ponpes yang baru berdiri 5 tahun ini sekitar 150 jutaan. Tidak ada korban jiwa dari kejadian kebakaran ini.

“Bantuan yang datang baru dari BPBD kabupaten Lebak berupa sembako dan tikar, kalau bahan matrial belum ada,” ujar Hasan.

Hasan berharap, Ponpes Babussalam kembali dibangun sehingga kegiatan belajar para santri bisa berjalan lancar kembali.

“Kami berharap para donatur tolong bantu agar Ponpes ini kembali beraktivitas biasa karena keberadaan Ponpes ini juga penting bagi warga sekitar,” pungkas Hasan. (Denis)