fbpx

Fakultas Ilmu Komunikasi PR Mercu Buana Gelar Webinar Kuliah Peduli Negeri

Fakultas Ilmu Komunikasi Public Relations Mercu Buana Gelar Webinar Kuliah Peduli Negeri, “Memutus Penyebaran Virus Covid- 19 dengan Bicara Baik di WhatsApp”

BEKASIMEDIA.COM – Bersama SMI (Sekolah Masjid Indonesia) Memutus Penyebaran Virus Covid-19 dengan Bicara Baik di WhatsApp, Webinar Kuliah Peduli Negeri adalah salah satu Mata Kuliah di Universitas Mercu Buana, sebagai bentuk pengabdian Mahasiswa Mercu
Buana terhadap Negeri dan Bangsa Indonesia.

Kegiatan Webinar ini bertujuan untuk
membantu dan memberikan edukasi kepada Siswa/i SMI. Kegiatan ini dilakukan dengan cara seminar online atau yang disebut dengan Webinar.

Webinar Kuliah Peduli Negeri ini mengangkat tema “Memutus Penyebaran Virus Covid-19 dengan Bicara Baik di WhatsApp” Telah dilakukan 2 sesi berturut-turut pada hari Minggu, 15 & 22 November 2020.

Webinar ini dihadiri oleh Dr. Santa Lorita Simamora selaku Dosen Pembimbing Mata Kuliah Peduli Negeri di Universitas Mercu Buana Kampus Jatisampurna Bekasi, dan diisi oleh narasumber yang andal dalam bidang kesehatan yaitu Irma Khoirunnisa, S.K.M. Beliau
merupakan Seorang Sarjana dari Kesehatan Masyarakat dan Bekerja sebagai Analis Bahan Kebijakan Kesehatan Lingkungan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Salah satu materi yang dibahas oleh Narasumber kami adalah “Pahlawan Pandemi Covid-19”, Beliau menjelaskan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau memutus penyebaran virus covid-19 ini dengan cara memakai masker yang benar, rajin mencuci tangan, hati kita harus bahagia, konsumsi makanan bergizi, menjaga jarak, rajin berolahraga, jangan menyentuh wajah jika belum mencuci tangan, tidur yang cukup, tutup mulut dan hidung saat bersin menggunakan tisu atau dengan lengan.

Pada Webinar ini, Dosen pengampu mata kuliah KPN (Kuliah Peduli Negeri), Dr. Santa Lorita Simamora yang juga turut memberikan sambutan dalam 2 pertemuan webinar ini. Beliau mengatakan, “kegiatan Kuliah Peduli Negeri yang dilakukan oleh mahasiswa/i
FIKOM UMB untuk lebih memiliki rasa simpati dan empati kepada negeri ini.

Meskipun kegiatan ini tidak diadakan secara langsung, semoga kegiatan ini mengandung banyak hikmah yang bisa diambil khususnya oleh adik-adik SMI sebagai generasi penerus bangsa & agama.
“Kesehatan tidak dimulai dari orang lain, tapi dari diri kita sendiri. Penyakit apapun, tidak hanya Covid-19 segala penyakit adalah ujian dan dengan kejadian ini jangan kita anggap menjadi masalah sepele namun tidak juga menganggap Covid-19 ini sebagai penentu hidup dan mati kita.

Ada satu yang kita perlukan bersama adalah rasa syukur kepada Allah SWT, salah satunya yaitu dengan cara menjaga kesehatan kebersihan setiap saat kapanpun, di manapun kita berada.” tuturnya dalam kegiatan webinar (15 & 22 November 2020).

Di webinar ini turut hadir Kepala Sekolah SMI (Sekolah Masjid Indonesia)
memberikan kata sambutan. Beliau mengatakan bahwa harapan untuk anak-anak didiknya yaitu SD SMI kelak mempunyai mimpi yang tinggi dan mengemban pendidikan sampai perguruan tinggi nantinya.

Selain itu beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa dan Mahasiswi Mercu Buana dan juga Dosen Pembimbing serta juga narasumber-narasumber yang telah memberikan perhatian kepada Anak-anak SD SMI dari memberikan nasehat menjaga kesehatan dan menjaga perilaku dan ucapan dalam media sosial.

“Harapan saya, anak – anak didik kami di SMI kelak punya mimpi yang tinggi & bisa
mengemban pendidikan sampai perguruan tinggi seperti mahasiswa/i Mercu Buana yang merangkul mereka saat kegiatan KPN ini. Terima kasih kepada mahasiswa/i Mercu Buana & Ibu Dosen Pembimbing serta narasumber atas perhatian yang diberikan kepada adik adik di SMI mulai dari menjaga kesehatan hingga bertutur kata yang baik di dunia digital,” ungkap Kepala Sekolah SMI, Asriningsih S,PT.

Antusiasme juga dapat dirasakan dari siswa/i SMI sangat terlihat dari kedua pertemuan webinar ini, mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang cukup kritis. Bahkan hingga waktu melewati pukul 11.00 siswa/i SMI masih mengajukan pertanyaan. Sampai akhirnya MC mengakhiri sesi tanya jawab & melanjutkannya via WhatsApp groups yang sudah tersedia & materi presentasi narasumber dikirimkan kedalam WhatsApp Groups.

Setelah webinar ini berakhir tepat pada hari Minggu, 22 November 2020, Mahasiswa/i UMB mengantarkan hadiah & kenang kenangan yang didapatkan dari para sponsor berupa, hand sanitizer, masker, face shield, kaos, topi, tumbler, susu kurma & sembako dari donasi mahasiswa/i KPN UMB.

Webinar ini dilaksanakan cukup sederhana, Namun tidak sedikitpun mengurangi semangat mahasiswa/i UMB demi kelancaran setiap sesi kegiatan webinar ini hingga akhir acara. Semoga Melalui Webinar “Memutus Penyebaran Virus Covid-19 Dengan Berbicara Baik di
Whatsapp”.

Diharapkan siswa/i SMI dapat mengerti dan mengamalkan ilmu yang didapat dari
Webinar ini dalam pencegahan virus Covid-19 dengan bicara baik di WhatsApp. (*)