fbpx

Jelang Beroperasi Kembali, Disparbud Kota Bekasi Pastikan Bioskop Terapkan Protokol Kesehatan Ketat

BEKASIMEDIA.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kota Bekasi melakukan peninjauan bioskop di 2 tempat berbeda. Kepala Disparbud Tedy Hafni mengatakan hasil peninjauan tim, bioskop CGV Cinemas BTC Mal Bekasi Timur dan Cinema XXI Summarecon Mal Bekasi dinyatakan sudah melakukan dan memenuhi syarat protokol kesehatan dengan standard yang diberikan pemerintah daerah.

“Hari ini kita meninjau langsung lokasi CGV Sinema BTC Mal Bekasi Timur dan Cinema XXI Summarecon Mal Bekasi dan kami sudah melihat dengan tim dan beberapa OPD terkait. Prinsipnya hasil dari peninjauan ini sudah mengikuti protokol kesehatan artinya sudah sesuai dengan standard yang diamanahkan oleh pemerintah kota Bekasi, oleh karenanya ke depannya tinggal menunggu saja segera dibuka kembali dan mudah-mudahan pekan ini sudah mulai dibuka,” ujarnya kepada bekasimedia.com Jum’at, (23/10/2020)

Mulai dari pintu masuk bioskop sudah diarahkan untuk mencuci tangan, cek suhu badan dan juga mengklik barcode (scan QR) pada pintu masuk sebagai upaya pencegahan atau tracing bagi para pengunjung.

Kemudian pembelian tiket dilakukan melalui transaksi online tidak lagi menggunakan uang cash, sebagai upaya mengurangi interaksi antara pengunjung dengan pegawai yang ada.

“Lalu juga kami meninjau langsung ke dalam gedung bioskopnya. Pengaturan dan fasilitas tempat duduknya sudah sesuai dengan ketentuan kita bahwa fasilitas yang digunakan hanya 50 persen dari seluruh kapasitas ruangan,” ujarnya.

Berdasarkan peninjauan Disparbud, kedua bioskop tersebut sudah sesuai aturan protokol kesehatan Covid-19 dan Aturan Kebiasaan Hidup Baru. “kami akan segera mengeluarkan rekomendasi untuk rencana pembukaan bioskop di kota Bekasi,” tuturnya.

Sementara itu, Humas Cinema XXI Summarecon Mal Bekasi, Dewinta menyatakan peninjauan pemerintah kota Bekasi untuk memastikan penerapan kebijakan peraturan penerapan protokol kesehatan di lingkungan Cinema XXI Mal Summarecon Bekasi.

“Hari ini baru dilakukan peninjauan oleh pemerintah kota Bekasi untuk kesiapan kami bisa kembali beroperasi, kalau ditanya kapan waktunya tentunya kami mengikuti instruksi atau izin yang akan dikeluarkan oleh Pemkot Bekasi jadi masih menunggu. Menurut Kadis Senin dan Selasa ini masih ada yang ditinjau lagi,” jelasnya.

Terkait persiapan Cinema XXI Summarecon Mal Bekasi sudah mempersiapkan dari sisi manpower dengan melakukan training petugas bioskop, kemudian petugas juga dilengkapi dengan masker, face shield dan sarung tangan serta mereka juga sudah benar-benar mengetahui protokol kesehatan yang dimiliki dengan nama 21 new habit.

“Jadi memang ketika nanti dibuka yang menjaga protokol kesehatan tidak hanya petugas namun juga pengunjung.
Sedangkan dari kesiapan infrastrukturnya sebelum bioskop ditutup pun kami biasa selalu membersihkan. Setiap hari kita ada beberapa jam khusus untuk membersihkan seperti bersihkan layarnya, kursi, karpet dan studionya,” ucap Dewinta.

Ada satuan tugas khusus yang menjaga kebersihan semua lokasi bioskop. “Jadi kesiapannya memang sudah matang dan begitu nanti diberikan izin harapannya kedua belah pihak (pengunjung dan manajemen bioskop) sama sama menjaga dan melakukan yang terbaik dan tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dewinta mengimbau agar pengunjung tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan jika ada pengunjung yang masih merasa kurang sehat dimohon, diimbau dan disarankan jangan ke bioskop dulu, lebih baik tunda dulu sampai kondisi fisiknya prima 100 persen. “Rencananya show perdana akan dibuka jam 12.00 atau 12.30 mengikuti aturan mal,” pungkasnya. (denis)