fbpx

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Meski Vaksin Covid-19 Ditemukan

BEKASIMEDIA.COM – Covid -19 kini sudah menjadi momok yang sangat melelahkan bagi Indonesia. Banyak sekali dampak yang dibawa oleh Covid-19 ini, seperti masyarakat yang banyak kehilangan pekerjaan, tidak bisa menghabiskan waktu di luar rumah, hingga kesulitan untuk berkumpul kembali bersama keluarga.

Dunia seketika berubah, ketika dimulainya mewabah virus yang berawal dari China ini di akhir tahun 2019, hingga kini di Seluruh dunia. Berdasar hasil penelitian virus ini berkembang dari jenis SARS-Cov-2 yang bermutasi hingga menjadi virus baru. Hingga kini belum ada obat yang dapat menangkal penyakit ini. Kini para ilmuwan dari berbagai negara berlomba-lomba untuk mengembangkan vaksin corona , untuk menghentikan laju penularan virus ini.

Melalui Lembaga Biologi Molekuler Eijkman (LBME),  Indonesia yang melakukan hal yang sama,  para peneliti  sedang berupaya untuk mengembangkan vaksin sebagai penangkal virus korona, yang dikenal dengan nama vaksin merah putih. Vaksin ini ditargetkan telah bisa digunakan pada seluruh warga Indonesia pada pertengahan tahun 2021 mendatang.

Vaksin Jadi Akhir Pandemi?

Vaksin telah diteliti dan  melalui tahap uji coba dari berbagai belahan dunia,  yaitu diuji coba pada manusia dan juga pada hewan. Kini muncul pertanyaan bar, apakah  vaksin  jika telah ditemukan dan diberikan pada semua manusia, maka pandemi corona akan berakhir?

Semua orang tentunya sangat mengharapkan pandemi bisa berakhir sepenuhnya. Tanpa ada lagi korban jiwa, baik dari segi pengidap maupun tenaga medis, dan bahwa keadaan akan kembali menjadi normal. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa, bisa berkumpul bersama teman, kolega, dan keluarga, tanpa harus dihantui perasaan takut akan bahaya virus corona.

Harus Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

Sesuai faktanya, meskipun nantinya vaksin selesai diuji coba dan bisa segera diberikan pada masyarakat, tetap saja aturan protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dan tidak boleh diabaikan. Vaksin dapat membantu dalam pencegahan dan juga mengendalikan penyebaran penyakit Covid-19. Namun kita harus tahu bahwa virusnya bisa jadi tetap tinggal di sekitar kita. Tujuan yang diharapkan dari vaksin ini adalah semakin banyak orang yang telah melakukan vaksin, maka virus pun lama-kelamaan akan berkurang.

Sehingga , tetaplah melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, seperti menjaga jarak, tetap mengenakan masker, dan selalu mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Itulah cara pencegahan tetap yang paling utama, walaupun vaksin telah sepenuhnya diberikan pada masyarakat nantinya. Semoga dengan vaksin akan membantu menekan tingginya angka penularan Covid-19 di Indonesia.

Peneliti vaksin yang bernama Anna Durbin yang juga sekaligus profesor bidang Kesehatan Internasional di The John Hopkins School of Public Health pun memberikan opini yang sama. Ada empat hal yang akan menentukan bagaimana hasil vaksin akan bekerja, yaitu :

  • Seberapa efektif vaksin tersebut
  • Kapan akan siap digunakan
  • Berapa banyak yang tersedia
  • Apa yang menjadi rencana dunia untuk membatasi penyebaran virus Covid-19.

Seluruh negara di belahan dunia sedang menantikan vaksin untuk menangkal virus corona. Jadi, sampai vaksin benar-benar siap digunakan, tetaplah  patuhi aturan kesehatan dari pemerintah. Bila Anda membutuhkan konsultasi dengan dokter terkait keluhan kesehatan, Halodoc akan membantu Anda, sehingga tidak perlu ke luar rumah.

Anda pun juga dapat melakukan rapid test atau swab test melalui aplikasi Halodoc. Informasi penanganan pandemi dan penemuan vaksin covid 19 di Indonesia juga bisa Anda simak melalui aplikasi Halodoc ini. Hanya dengan 1 aplikasi, semua kebutuhan kesehatan Anda bisa terpenuhi.

%d blogger menyukai ini: