fbpx

PKS-Gerindra Ambyar di Pilkada Serentak Jabar 2020, Hanya Koalisi di Pangandaran

BEKASIMEDIA.COM – Kemesraan antara PKS dengan Partai Gerindra di Provinsi Jawa Barat benar-benar ambyar di Pilkada serentak tahun 2020. Jika sebelumnya koalisi keduanya sukses melahirkan pasangan Idris-Pradi di Pilkada Kota Depok 2015 dan Oded-Yana di Pilkada Kota Bandung 2018, serta yang tak kalah heroik pasangan Ajat-Syaikhu di Pilkada Jabar 2018 yang meski kalah namun menjadi pasangan fenomenal.

Kini di 2020, dari 8 kabupaten/kota di Jawa Barat yang melaksanakan Pilkada, keduanya hanya berada dalam satu barisan di Pilkada Kabupaten Pangandaran, selebihnya saling berhadapan.

Di Pilkada Kabupaten Pangandaran, keduanya bergabung bersama koalisi besar (30 kursi) PDIP, PKS, PAN, PPP, Gerindra, Perindo, mendukung pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan.

Sementara itu di Pilkada Kabupaten Indramayu, Gerindra bersama PDIP dan Nasdem mengusung pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim, sementara PKS lebih memilih bergabung bersama Demokrat, PKB dan Hanura mengusung pasangan  Muhammad Sholihin-Ratnawati.

Pilkada Kabupaten Tasikmalaya, Gerindra bersama Demokrat mengusung Azies Rismaya-Haris Sanjaya, sementara PKS bersama Golkar, PKB dan PAN mengusung pasangan Iwan Saputra-Iip Miptahul Paoz.

Pilkada Kabupaten Bandung, PKS bersama PKB, Nasdem dan Demokrat mendukung pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, sementara Gerindra lebih memilih mendukung Kurnia Agustina-Usman Sayogi bersama Golkar.

Pilkada Kabupaten Sukabumi, PKS bersama Golkar, Demokrat dan Nasdem mendukung Marwan Hamami-Iyos Somantri sementara Gerindra mendukung Adjo Sarjono-Imam Adi Nugraha bersama PAN.

Pilkada Kabupaten Karawang, PKS total penuh mendukung petahana bupati Cellica Nurrachadiana yang dipasangkan dengan tokoh muda Aep Syaepulloh, sementara Gerindra merapat ke PKB dan Hanura mengusung  petahana wakil bupati Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani.

Di Cianjur, Gerindra bersama Demokrat mendukung Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan, sementara PKS berkoalisi dengan PKB mendukung Lepi Ali Firmansyah yang menggandeng tokoh muda Gilar Budi Raharja.

Pilkada Depok menjadi yang terpanas, karena hanya 2 pasangan yang mendaftar. Gerindra membentuk koalisi besar bersama PDIP, Golkar, PKB, PSI dan PAN mendukung Pradi Supriatna-Afifah Alia, sementara PKS menggandeng Demokrat dan PPP mengusung Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

Bagaimana pendapat anda?

 

(ss)

%d blogger menyukai ini: