fbpx

Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma bersama ABDIMAS Berbagi di Tengah Pandemi

BEKASIMEDIA.COM – Ramadan tahun ini terasa berbeda, aktivitas ibadah umat Islam yang biasanya semarak dilakukan di masjid-masjid dan musholla mengalami pembatasan akibat wabah penularan Virus Corona berskala dunia, khususnya di Indonesia.

Physical ditancing dengan menjaga jarak aman antar manusia, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun serta menjaga kesehatan terus diimbau pemerintah kepada masyarakat. Kemudian juga diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) oleh pemerintah pusat dan daerah untuk memutus mata rantai penularan pandemi COVID-19.

Dampaknya adalah banyak karyawan yang berhenti bekerja akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena banyak perusahaan yang tutup dan perekonomi anjlok. Masyarakat tidak lagi berpenghasilan karena harus berdiam dirumah sementara waktu, sehingga kondisi seperti ini belum bisa dipastikan kapan akan kembali bergeliat.

Melihat kondisi ini, Kementerian Sosial Sharia Economic Forum Universitas Gunadarma turut mengambil peran dalam rangka perjuangan melawan pandemi COVID-19 dengan melakukan sejumlah respon kemanusiaan dengan menyalurkan bantuan bahan pokok dan operasional untuk rumah yatim yang dilakukan di wilayah Kampung Gedong, Depok, Jawa Barat dengan program Ramadhan Berbagi.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Jumat, (22/5/2020) berkerjasama dengan Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) Dosen Universitas Gunadarma, dengan melakukan penggalangan dana. Donasi yang berhasil dikumpulkan sebesar Rp8.100.000,-

“Berdasarkan data yang kami terima, terdapat 88 kepala keluarga di RW.19 Kampung Gedong dan Yayasan Rumah Yatim Piatu Daarul Aitam Al-Asyari yang sudah kami berikan bantuan berupa 88 paket bahan pokok dan uang tunai untuk operasional yayasan sebesar Rp3.500.000. Tentunya, sasaran wilayah ini dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah setempat seperti RT dan RW. Diharapkan bantuan ini dapat mengurangi sedikit beban Masyarakat di tengah pandemi ini,” ujarnya.

Sementara itu, ketua ABDIMAS Dosen Universitas Gunadarma,
Aidil Wicaksono menyatakan pandemi ini tidak menyurutkan langkah dan niatnya untuk membantu sesama.

“Melihat semua dari kita yang bersama-sama terkena dampak negatif dari wabah Covid-19 semakin meluas, alhamdulillah tidak menyurutkan niat dari setiap kita untuk tetap bisa membantu sesama.⁣ Seperti langkah yang kami ambil bersama rekan rekan dosen dan mahasiswa dari Universitas Gunadarma yang terus aktif memberikan dampak positif melalui donasi yang disalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” ujarnya kepada bekasimedia.com

Harapannya ke depan, pihaknya juga akan mengajak dan menjalin lebih banyak lagi kerjasama dari berbagai lembaga juga instansi untuk turut berpartisipasi saling berbagi, bergotong-royong membantu mereka yang terus berjuang di kala pandemi.

⁣”Mari memberikan sedikit dari apa yang kita punya untuk kehidupan bermasyarakat yang lebih baik,” pungkasnya. (*)

%d blogger menyukai ini: