fbpx

Walikota Bekasi: Pramuka harus Siap Terdepan dan Bergerak Menangani Covid 19

BEKASIMEDIA.COM – Peringatan Hari Pramuka ke 59 tingkat Kota Bekasi pada tanggal 14 Agustus 2020 dilaksanakan di Stadion Patriot Candrabaga, Jl. Ahmad Yani No. 2 Kayuringin Jaya Bekasi Selatan.

Acara ini dihadiri Wali kota Bekasi Rahmat Effendi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang dan juga ketua Kwartir Cabang Kota Bekasi. Peserta yang mengikuti upacara ini terbatas dengan tetap mengikuti protokol kesehatan covid 19.

Tema yang diusung adalah peran gerakan pramuka ikut membantu dalam menanggulangi bencana covid 19 dan bela negara dengan moto Satyaku kudarmakan Darmaku kubaktikan.

Selaras dengan tema tersebut, Wali Kota selaku pembina upacara menyampaikan terimakasih kepada Kwarcab Kota Bekasi dan anggota pramuka yang turut berpartisipasi aktif dalam penanganan Covid 19. Hal ini harus terus diupayakan oleh Kwarcab dengan melakukan kegiatan yang sinergitas dan berkoordinasi dengan pemerintah Kota Bekasi.

Ia juga menjelaskan jargon dari Kwarnas di Hari Pramuka ini yakni Terdepan Bergerak. “Saya berani, paham, mengendalikan dan menyelesaikan di garis terdepan. Artinya setiap anggota pramuka harus selalu siap dan merasa terpanggil jika ditugaskan oleh Kwarcab atau Mabicab dalam penanganan memutus mata rantai Covid 19,” jelasnya.

Hal lain yang disampaikannya adalah agar Kwarcab bisa menjaga, memajukan dan melanjutkan pembangunan kantor Kwarcab kota Bekasi. Ini berlaku juga di setiap Kwartir ranting agar ada kantor-kantor untuk oprasional sehingga kekuatan dalam mengorganisir kegiatan kepramukaan betul-betul nyata.

Ia menambahkan dalam berbagai hal, anggota pramuka harus mampu membangkitkan semangat terdepan dan bergerak untuk melakukan sesuatu, karena pramuka adalah jalan sosial yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Diakhir sambutannya, ia menyampaikan apresiasi kepada anggota pramuka. “Atas nama Kwarcab dan Mabicab, mengucapkan terimakasih atas dedikasi dan pengabdian anggota pramuka, semoga menjadi bekal ibadah untuk terus menerus melakukan kebaikan untuk kepentingan masyarakat Kota Bekasi,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada anggota pramuka yang telah mendedikasikan dirinya demi kemajuan gerakan pramuka.

Diantaranya adalah penghargaan Lencana Karya Bakti diberikan kepada Ketua harian Kwarcab Kota Bekasi Abdillah hamta, Andalan Cabang Riska nopriyanti, Satgas Pramuka Peduli Ardi suntoro, Bima Ariefianto Wibowo, Handika Puguh dan Ahmad shohibul Wafa T.A.

Penghargaan Lencana Melati kepada Husein Maulana Supi sebagai Andalan Ranting Bekasi Timur. Lencana Teladan kepada Ana Hanifah dari Dewan Kerja Cabang Kota Bekasi.

Adapun penghargaan Lencana Pancawarsa VIII diberikan kepada Sugeng Permana (Ketua Kwarran Bekasi Utara) dan Sarwa Astuti (Wakil Ketua Kwarcab). Lencana Pancawarsa V kepada Nasan Suparjo Rustam (Andalan Cabang) dan Tuju Pangestu (Andalan Ranting Mustikajaya). Lencana Pancawarsa IV kepada Yanty Susanty (Andalan Ranting Bekasi Selatan), Nurhasanah ( Andalan Cabang), Ely Sunanti (Andalan Cabang) dan R.B Indahwati ( Mabigus di Kwarran Mustikajaya).

Lencana Pancawarsa III kepada Nurhayati (Andalan Ranting Jatiasih), Adi Yudhistira (Andalan Ranting Bekasi Timur) dan Hamidah (Andalan Ranting Jatiasih). Lencana Pancawarsa II kepada Surya (Andalan Ranting Jatiasih), Riyanto (Sekretaris Kwarran Jatiasih) dan Anton Soebroto ( Andalan Ranting Bekasi Timur). Sedangkan Lencana Pancawarsa I diberikan kepada Irna Nurdiana (Andalan Ranting Mustikajaya) dan Ratna Yuliani (Pembina di Kwarran Mustikajaya).

Lia Z.A
Foto: Asrul Roza

%d blogger menyukai ini: