fbpx

Melihat Demokrasi dalam Pemilihan Ketua RT 02 RW 01 Kota Baru

BEKASIMEDIA.COM – Nuansa kegembiraan pesta demokrasi dirasakan warga RT 02 RW 01 kelurahan Kota Baru, kecamatan Bekasi Barat, kota Bekasi, Minggu, (26/7/2020) Pagi.

Pemilihan ketua Rukun Tetangga (RT) merupakan salah satu wujud nyata pesta demokrasi di lingkungan pemerintahan level paling bawah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Tepat di sisi kali sebuah kantor Sekretariat RW menjadi saksi pesta demokrasi yang digelar warga RT 02 RW 01 kampung Rawa Pasung, kelurahan Kota Baru, kecamatan Bekasi Barat. Warga dari berbagai profesi, lintas suku dan beda agama menyalurkan suara untuk menentukan pemimpin di lingkungan mereka selama tiga tahun ke depan.

Bernuansa Betawi menjadi tema Panitia Pemungutan Suara (PPS) menjadi ciri seakan tak melupakan budaya Bekasi, serta riuh redam canda gurau warga di halaman kantor Sekretariat RW 01 menghapus ketegangan di antara para kandidat.

Ketua Petugas Pemungutan Suara (KPPS), Irman Firmansyah Mengatakan, “hari ini kita melaksanakan pemilihan Ketua RT 02 RW 01 dengan nuansa Betawi ciri khas budaya kita, untuk pelaksanaan pemungutan suara, warga yang mempunyai hak pilih harus menunjukkan surat undangan sebagai calon pemilih kepada Petugas Pemungutan Suara (PPS),” ujarnya, dalam keterangan yang diterima.

Setelah tercatat, para pemilih dipersilakan duduk untuk menunggu giliran panggilan dari petugas melalui pengeras suara. Petugas memanggil pemilih berdasarkan urutan kedatangan untuk diberikan surat suara.

Pemilih selanjutnya masuk bilik suara dan mencoblos surat suara yang terlampir gambar pasangan calon ketua RT. Surat suara yang sudah dicoblos lalu dimasukkan ke kotak suara. Pemilih kemudian menuju meja tinta untuk menandai jari mereka.

Di tempat yang sama Ketua RW 01, Asmawi mengatakan, pelaksanaan pemilihan ketua RT 02 RW 01 di kelurahan Kota Baru, ini yang terakhir. “tuntas sudah peremajaan Ketua RT di wilayah RW 01 tinggal kita menjalankan amanah yang sudah diberikan masyarakat kepada kita untuk melayani,” jelasnya.

Ketua RW 01, Asmawi juga berharap siapa pun RT-nya harus ikut aturan, membangun kerja sama, membangun lingkungan.

“RT bukan punya perorangan, kelompok/golongan tapi punya masyarakat RW 01. kepada ketua RT yang baru agar dapat bersinergi dengan pemerintah, khususnya Kelurahan Kota Baru dan Kota Bekasi,” Ungkap Asmawi

Diketahui, warga di RT 02 RW 01 terdiri dari 213 Hak pilih dihitung dari jumlah dari jumlah 113 KK (kartu keluarga). Akan tetapi, warga yang hadir saat pemilihan ketua RT hanya 186 orang.

Adapun tiga kandidat yang maju sebagai calon ketua RT 02 dan perolehan Suara, adalah :

1 . M. BADRUN Mendapatkan 11 Suara
2. JAENAL ABIDIN Mendapatkan 98 Suara
3. WAHYAR FAHYANI Mendapatkan 77 Suara

Dari total DPT 213 hak suara, yang menggunakan hak pilih Terdapat 186 suara dan 27 Suara tidak menggunakan hak pilihnya.

Selaku ketua RT terpilih, Jaenal Abidin mengajak warganya untuk menjadikan wilayah tersebut lebih maju. “Mari bersama membangun RT ini menjadi lebih baik. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Alhamdulillah, saya dipercaya warga menjadi ketua RT. Mungkin inilah ketentuan Allah Swt yang terbaik bagi saya,” tutupnya (Yuri)

%d blogger menyukai ini: