fbpx

LSPR jadi Institusi Pertama di Indonesia yang Bergabung dengan Alibaba E-Commerce Talent Program

Jakarta – LSPR Communication & Business Institute (LSPR) menjadi institusi pendidikan Indonesia pertama yang bergabung di program Alibaba Global E-commerce Talent (GET) dalam upaya meningkatkan pendidikan yang unggul dalam persaingan global.
Program GET adalah pelatihan e-commerce imersif Alibaba Global Initiative untuk institusi pendidikan yang ingin menggabungkan kurikulum ekonomi digital dan menumbuhkan bakat yang dapat memenuhi tuntutan ekonomi digital.

Setelah bergabung dengan program ini, dosen Fakultas Bisnis LSPR memiliki akses ke pelatihan, sertifikasi melalui pelatihan offline di Hangzhou, maupun pelatihan online di Platform Pembelajaran Online GET dan Platform Simulasi, yang diajarkan oleh para ahli dari ekosistem Alibaba.

Dosen bersertifikat GET kemudian dapat memberdayakan siswa mereka untuk lebih dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan untuk berhasil dalam ekonomi digital.

LSPR juga memiliki akses ke kurikulum dan materi pembelajaran e-commerce terkini berdasarkan studi kasus dunia nyata dan aset pembelajaran multimedia. Selain itu, LSPR telah menjadi bagian dari Alibaba GET Network bersama berbagai universitas dan institusi pendidikan lainnya di dunia, seperti Malaysia, Thailand, Turki, Korea Selatan dan India, yang telah bergabung di Program GET.

Dekan Fakultas Bisnis LSPR M. Alppy Valdez turut menyambut baik kerjasama ini. Tujuannya untuk menyiapkan mahasiswa yang berkualitas dan kompetitif. “Kami telah menyiapkan dosen-dosen terbaik kami yang akan mengikuti program GET. Setelah itu akan mengajarkannya kepada mahasiswa di Fakultas Bisnis. Kami yakin, dengan program ini, para mahasiswa akan makin berkualitas, siap menghadapi tantangan dunia kerja, bahkan siap membuka bisnis atau usaha sendiri. Tentunya dengan menggunakan teknologi digital yang terus berkembang di masa mendatang,” tegasnya.

Keikutsertaan di Program GET ini merupakan inovasi bagi kegiatan perkuliahan di LSPR, baik Fakultas Bisnis maupun Komunikasi. Mahasiswa LSPR dapat mengikuti perkuliahan terkait program GET dalam jangka waktu satu tahun. Mahasiswa yang mengikuti program GET akan memperoleh wawasan industri, praktik terbaik ekonomi digital, dan action-based learning. Dosen-dosen LSPR akan mengajar berdasarkan kurikulum dan silabus dari GET Program dengan teknik pembelajaran melalui studi kasus, video kasus, instruksi manual, presentasi, laporan penelitian industri terkemuka, bahan referensi dan platform Simulasi e-commerce yang disediakan oleh Alibaba Business School. Mahasiswa yang telah lulus dari program GET akan juga mendapatkan sertifikat profesi Digital Economy dan juga Digital Entrepreneur. Hal ini akan mampu meningkatkan kualitas program studi Management dan Tourism di Fakultas Bisnis serta Program Studi Komunikasi di LSPR.

“Membangun talenta yang bisa memenuhi kebutuhan di era ekonomi digital, khususnya di tengah Covid-19 ini, merupakan misi bersama para akedemisi di seluruh dunia. Namun, masih banyak lembaga Pendidikan yang kesulitan untuk menemukan cara untuk menggunakan transformasi digital yang tengah terjadi di sekitar kita serta mengintegrasikannya dalam pengajaran. Kami senang bisa menyambut LSPR Communication and Business Institute sebagai peserta program GET pertama di Indonesia, dan nantinya dengan lembaga pendidikan lainnya, guna menghadirkan pendidikan terbaik yang bisa menginspirasi generasi muda Indonesia untuk menciptakan kesuksesan di masa depan,” ujar Vice President Alibaba Group Brian A. Wong.

Sementara itu, Founder & CEO LSPR Communication and Business Institute Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR, menyatakan bahwa LSPR bangga menjadi bagian dari kerjasama dengan Alibaba Group. Prita menyatakan, “Kami memiliki kesamaan misi dengan Alibaba GET Program, agar anak muda di Indonesia lebih familiar dengan e-commerce dan membuat mereka meraih sukses di era ekonomi digital. Tenaga pengajar LSPR akan menjalani pelatihan ini agar memiliki wawasan, keterampilan dan keahlian di bidang bisnis e-commerce. Selanjutnya dapat memberikan pengajaran dengan mengindahkan praktik dan etika bisnis yang baik dalam bisnis e-commerce”.

Selanjutnya, Senior Vice President of Traffic Operations and Seller Engagement Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro, juga menyatakan hal senada terkait kerjasama ini. “Kami sangat senang mendukung dan menyambut LSPR sebagai institusi pendidikan pertama di Indonesia yang bergabung di program GET ini. Hal ini sejalan dengan misi kami, untuk mengakselerasi pertumbuhan di Asia Tenggara melalui perdagangan dan teknologi. Kami percaya bahwa pendidikan e-commerce sejak dini, akan membantu perkembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia yang sehat dan aman. Dan harapannya sertifikasi GET ini, dapat memberikan nilai lebih bagi para lulusan Fakultas Bisnis LSPR, bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan tapi juga menumbuhkan semangat kewirausahaan mereka,” imbuhnya. (*)

%d blogger menyukai ini: