fbpx

Kapolres Metro Bekasi Kota Tinjau RW 022 Siap Terapkan Kampung Tangguh

BEKASIMEDIA.COM – Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Wijonarko bersama Dandim 0507/Bekasi, Kolonel inf Rama Pratama mengunjungi Kampung Tangguh di RW 022, Rawa Pasung, Kelurahan Kota Baru, Bekasi Barat.

Program Kampung tangguh Nusantara RW 022 kelurahan Kota Baru memiliki fasilitas penunjang kesiapsiagaan Covid-19 di antaranya, lumbung pangan, posko kesehatan, posko keamanan, ruangan isolasi mandiri, dan Pusat Informasi.

Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombespol Wijonarko mengatakan, Fokus Program dari sebuah kampung tangguh meliputi kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid, memiliki swadaya pengembangan varian komoditi ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai dan tingkat Kamtibmas yang kondusif.

“Kampung Tangguh ini merupakan kampung impian di tengah Pandemi Corona, di mana kedepannya warga akan disiplin menggunakan masker, memiliki sarana cuci tangan disetiap rumah, dan yang paling penting adalah memiliki sumber daya ketahanan pangan dalam menghadapi kemungkinan pandemi yang berkepanjangan,” ujar Wijonarko.

Pada Kampung Tangguh Nusantara memberdayakan RT dan RW untuk terlibat secara aktif mendeteksi dini sekaligus mengedukasi warga menghadapi bencana termasuk Covid-19.

Keberadaan kampung tangguh mendapat respons positif dari warga RW 022. Adanya kampung tangguh menjadikan warga RW 022 Rawa pasung disiplin menjalankan protokol kesehatan. Manfaat lainnya yang dirasakan adalah lingkungan mereka aman dari kejahatan pencurian.

Sementara itu, Ketua RW 022, M Soleh mengatakan, RW 022 Siap melaksanakan dan menerapkan kampung tangguh agar masyarakat aware (peduli) dengan pencegahan penyebaran Covid-19. Adanya kampung tangguh mendorong masyarakat lebih taat dan tertib dalam menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

“Kampung tangguh juga dapat menginisiasi warga dengan tangguh bencana termasuk non alam termasuk Covid-19,” tutupnya. (*)

%d blogger menyukai ini: