fbpx

PKS Bekasi Barat Langsung Praktik Budikdamber

BEKASIMEDIA.COM – Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember diperkenalkan dosen Politeknik Negeri Lampung, Juli Nursandi.

Cara ini dinilai tepat untuk mengatasi keterbatasan lahan dan sumberdaya air bersih dalam budidaya ikan.

Beberapa hari belakangan, video Budikdamber viral di media sosial. Juli Nursandi memperagakan bagaimana cara merawat ikan lele dalam ember plastik yang digabungkan dengan tanaman kangkung di atasnya.

Ketua DPC PKS Bekasi Barat, Fendaby Surya Putra melihat Budikdamber sebagai peluang dan bisa dikembangkan kader, simpatisan dan warga masyarakat Bekasi Barat dalam masa Pandemi Covid-19 ini.

Ahad (10/5/2020) ini ia langsung menggelar pelatihan Budikdamber untuk kader PKS dari perwakilan 5 Kelurahan se Bekasi Barat.

Pelatihan dipimpin langsung oleh kader PKS yang sudah mempraktikkan budidaya lele di ember ini dan sudah berhasil panen 2 kali yaitu Pujo Widiatno.

Selain perwakilan yang datang ke lokasi, pelatihan juga dilakukan daring untuk peserta lain sebagai upaya pembatasan sosial dampak dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Pujo Widiatno menerangkan, sebetulnya selain lele, ada ikan lain yang juga bisa dicoba seperti patin dan gurame. Begitu pula untuk tanamannya bisa seledri atau sawi.

“Tapi saat ini lele dan kangkung yang paling mudah,” ungkap Pujo.

Selepas kegiatan pelatihan, peserta yang datang langsung mendapatkan ember dan peralatan lainnya sebagai modal untuk membuat Budikdamper.

“Terimakasih untuk Pak Pujo yang telah berbagi ilmu. Juga untuk semua teman-teman. Ayo kita langsung coba praktekkan. Kan lumayan, mau makan tinggal serok,” ungkap Fendaby. ***

%d blogger menyukai ini: