fbpx

PPSU Kalianyar Gercep Lakukan Disinfektan, Ketua RW 03 Isolasi 2 Keluarga

BEKASIMEDIA.COM – Antisipasi penyebaran wabah pandemi Coronavirus Deseas 19 (Covid19) di wilayah kelurahan Kalianyar, Tambora, Jakarta Barat, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan warga RW 05 malam itu juga (10/4).

Lurah Kalianyar, Daniel Azka Alfarobi menyatakan aksi penyemprotan desinfektan tersebut dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya. “Ini kami lakukan langsung setelah jenazah dievakuasi ke RSUD Tarakan, dengan fokus kami terhadap jalan umum dan sekitarnya,”
ujarnya lewat pesan singkat, Sabtu, (11/4/2020)

Meskipun Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tidak menggunakan standart Alat Pelindung Diri (APD) medis, kata Daniel, namun tetap mengikuti standart protokol Covid-19 yakni, menggunakan masker, Pelindung wajah (Face shield dan baju pelindung, sementara untuk disinfektan mengikuti arahan Dinas Kesehatan.

Hal serupa juga dilakukan oleh ketua RW 03, Agus Sukardi bersama pengurusnya melakukan tindakan penyemprotan dan himbauan PSBB di lingkungan tersebut.

Selain itu juga ia melakukan tindakan isolasi mandiri terhadap 2 kepala keluarga yang berstatus ODP dengan menyiapkan seluruh kebutuhan pangan dan kesehatannya.

“Kami sedang melakukan proses isolasi mandiri bagi warga saya, yakni ketua RT 002 dan kader Dasawisma. Sementara untuk seluruh kebutuhan pangan dan kesehatan mereka, kita drop dari pengurus RW dan RT setempat,” tukasnya.

Rencananya suplai kebutuhan pangan dan kesehatan keluarga tersebut untuk 4 hingga 5 hari kedepan hingga ada kabar hasil pemeriksaan Swab Test dari RSUD Tarakan.

“Kalau memang nantinya dinyatakan positif maka isolasi akan dilakukan selama 14 hari kedepan, namun kalau dinyatakan negatif mungkin kita perlu waktu hanya 4 sampai 5 hari saja,” pungkasnya. (denis)

%d blogger menyukai ini: