fbpx

Di Jakasampurna, Al Ihsan dan Assalam Ikut Fatwa MUI, AL Azhar Belum

BEKASIMEDIA.COM – Majelis Ulama Indonesia sudah mengeluarkan fatwa menyikapai penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia yang semakin masif. Salah satunya adalah tentang pelaksanaan Sholat Jumat yang boleh diganti dengan Sholat Dzuhur di rumah.

“Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan shalat zuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah shalat lima waktu/rawatib, Tarawih, dan Ied di masjid atau tempat umum lainnya,” demikian petikan dari fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020 Tentang PENYELENGGARAN IBADAH DALAM SITUASI TERJADI WABAH COVID-19.

Menyikapi Fatwa MUI ini beberapa masjid besar di Kota Bekasi sudah mengindahkannya. Di Jakasampurna Bekasi Barat misalnya, laporan yang masuk ke bekasimedia.com, Jumat (20/3/2020) pagi mengatakan Masjid Assalam dan Masjid Al Ihsan meniadakan Sholat Jumat hari ini.

MAKLUMAT DKM ASSALAM

Assalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh, berdasarkan hasil musyawarah DKM dan YAJB Ba’da subuh, dengan ini DKM Assalam menyampaikan Keputusan Musyawarah sebagai berikut:

1. Dengan mempertimbangkan FATWA MUI, Surat Edaran Walikota Per tanggal 19/03/20 tentang peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapai COVID-19.

2. Mempertimbangkan data, masukan dan perkembangan penyebaran Covid dari instansi resmi yg sdh masuk katagori kawasan potensi penularan yang tinggi, serta masukan dari seluruh ulama, masyarakat serta Masjid sekitar Assalam,

DENGAN INI DKM ASSALAM MEMUTUSKAN hal sebagai berikut:

a. Masjid Assalam MENIADAKAN pelaksanaan Sholat Fardhu dan Sholat Jumat mulai hari ini tanggal 20 Maret 2020 sampai dengan waktu aman yang ditentukan oleh Pemerintah.

b. Para Jamaah dianjurkan untuk Sholat Fadhu dan Sholat Jumat dirumah.

c. Meniadakan semua kegiatan Masjid Assalam, kecuali Adzan sebagai tanda waktu sholat, tetap dikumandangkan.

d. Semua pintu Masjid dikunci.

Demikian MAKLUMAT ini disampaikan, semoga keputusan ini diridhoi Allah Subhanallah wata’ala

Wassalamualaykum warohmatullohi wabarokatuh

DKM Assalam

sholat jumat di bekasi

Namun demikian tidak dengan Al Azhar. Masjid terbesar di Bekasi Barat ini, sampai Jumat (20/3/2020) pagi ini belum jelas apakah akan tetap menggelar Sholat Jumat atau tidak.

Hal ini dikhawatirkan warga, Slamet, seorang warga Kampung Dua Jakasampurna menuturkan kepada bekasimedia.com bahwa seharusnya seluruh masjid kompak menyikapi hal ini.

“Harusnya semua masjid kompak. Kalau gak kompak ya jadi malah makin numpuk jamaah di masjid yang ada Jumatan. Nanti jadinya yang dari Al Ihsan dan Assalam malah ke Al Azhar. Itu masjid bisa nampung 2 ribu orang lebih dan dari mana-mana. Kemarin karpet aja masih dipasang. Gak ada alat pengecek suhu dan hand sainitizer juga,” pungkasnya. (ss)

%d blogger menyukai ini: