fbpx

Pemkab Tampak Kewalahan Sikapi Corona, Begini Kata DPRD Kabupaten Bekasi

BEKASIMEDIA.COM – Anggota komisi 4 DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum, menyatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi nampak kewalahan menghadapi kasus persebaran virus Corona. Namun, dirinya memaklumi karena persebaran ini sifatnya tak terduga dan beberapa hal belum sepenuhnya disiapkan. Kendati demikian, Fatmah meminta parapihak segera bertindak.

Meskipun sudah ada korban di salah satu perumahan di wilayahnya Fatmah mengatakan belum ada proses isolasi.

“Jadi kalau yang kemarin kami cek ke Jubir Covid-19, sudah dilakukan pola urut interaksi. Namun isolasi perumahan belum,” kata Fatmah Hanum saat dihubungi bekasimedia.com, Selasa (17/3/2020).

Terkait kesiapan update data, kata Fatmah, pihaknya masih sama-sama maklum, “Pemerintah Daerah seperti kewalahan. Kelihatan panik dan agak kewalahan. belum lagi menghadapi berita menghadapi hoax, terus ada kebijakan yang juga tidak tepat sasaran,” kata Fatmah.

Menurutnya, sosialisasi perlu terus digalakkan di tingkat bawah. Meskipun selama ini telah dilakukan, tetapi masih jauh dari maksimal dan kurang melibatkan pihak yang ada.

“Sosialisasi itu berjalan melalui camat, di desa, namun memang masih jauh dari maksimal. Harus libatkan stakeholder lainnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Fatmah, DPRD mempersiapkan langkah-langkah antisipasi. Pertama, jika ada berita benar, nanti disampaikan oleh juru bicara Covid-19 dari pihak Pemkab Bekasi yang telah disepakati .

Kedua, dilakukan pembersihan sarana prasarana dan tempat umum dan tempat terpaparnya virus dengan pemyemprotan disinfektan.

Ketiga, pola urut interaksi dan menunggu informasih resmi terkait semua kasus. Terakhir keempat, warga diimbau melakukan aktivitas di sekitar rumah saja.

“Warga juga harus paham. harus siaga semua, Jangan terlalu santai tapi juga jangan panik,” tukasnya.

%d blogger menyukai ini: