fbpx

Soal UMSK Kabupaten Bekasi 2020, Inilah Kesepakatan Terbaru Buruh dan Apindo

BEKASIMEDIA.COM – Perwakilan serikat pekerja, pengusaha (Apindo) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi telah mencapai kesepakatan baru tentang nasib Upah Minimum Sektoral Kabupaten Bekasi tahun 2020.

Dalam berita acara yang ditandatangani Senin (2/3/2020) tersebut berisi 4 poin penting. Berikut ini hasil kesepakatannya:

Bahwa dengan adanya permasalahan Upah Minimum Sektoral Kabupaten Bekaasi (UMSK), maka unsur Serikat Pekerja dan Unsur Apindo bersepakat hal-hal sebagai berikut:

  1. Unsur serikat pekerja telah menyampaikan surat secara resmi kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi segera menentukan besaran nilai UMSK tahun 2020 dan berlaku sejak tanggal 1 Januari 2020.
  2. Unsur Apindo telah menyampaikan surat kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi bahwa Apindo tidak keberatan dengan adanya UMSK Kabupaten Bekasi tahun 2020, namun dikarenakan Apindo tidak diberikan kewenangan untuk melakukan perundingan besaran nilai UMSK tahun 2020, maka pihak Apindo menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah Kabupaten Bekasi untuk memutuskan dan merekomendasikan nilai besaran UMSK tahun 2020 sesuai dengan mekanisme yang berlaku.
  3. Bahwa pemerintah Kabupaten Bekasi dengan adanya surat dari Serikat Pekerja dan surat dari Apindo tentang memberikan kewenangan menentukan besaran nilai UMSK tahun 2020, maka paling lambat tanggal 16 Maret 2020 Pemerintah Kabupaten Bekasi merekomendasikan besaran nilai UMSK Kabupaten Bekasi ke Gubernur Jawa Barat melalui Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Barat.
  4. Bahwa dengan telah dibuatkan berita acara maka rencana Aksi Unjuk Rasa pada hari Selasa tanggal 03 Maret 2020 di BATALKAN.

Demikian berita acara ini dibuat dengan sebenar-benarnya dan demi terciptanya situasi kondusif di wilayah Kabupaten Bekasi.

 

Berita acara tersebut diatas ditandatangani oleh perwakilan serikat pekerja dari berbagai federasi diantaranya: Sukamto, Suparno, Cecep Sarifudin, Kiki H, Sapta, Totok S, Herman Susanto, dll. Juga dari Apindo: Sutarno, Agus Setiawan, Nicolaus Fauzi dan Richard. Dari unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi: Agus S dan Komarudin serta disaksikan oleh perwakilan dari Polres Metro Bekasi. (ss)

%d blogger menyukai ini: