fbpx

Mulai Maret 2020, Pemkot Bekasi Akan Terapkan Kebijakan Tanpa Kantong Plastik

BEKASIMEDIA.COM – Mulai awal bulan Maret 2020, Pemerintah Kota Bekasi akan menerapkan kebijakan tanpa kantong plastik di toko ritel modern.

Dengan bersepeda, Wakil Wali Kota Bekasi, Dr. Tri Adhianto didampingi beberapa pejabat dari lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, dan TWUP4 mendatangani sejumlah toko ritel yang berada di bilangan Bekasi Timur. “Sosialisasi kebijakan tersebut telah dilakukan sejak tahun lalu ke pengusaha-pengusaha ritel. Sekarang sudah sampai sosialisasi tahap akhir,” kata Tri Adhianto.

Lanjut Tri mengatakan “Mulai Maret, pihaknya meminta para pengusaha menyediakan kantong pengganti yang ramah lingkungan atau pelanggan membawa kantongnya sendiri, kalau dari ritel sudah menyatakan siap.” Ia sangat optimistis penerapan kebijakan tanpa kantong plastik di toko modern bisa dilakukan seperti di Bogor dan Bali ” Bisa mencontoh dari beberapa Kota yang sudah menerapkan tanpa kantong plastik, mulai Maret mendatang toko modern tanpa kantong plastik sudah dimulai,” jelas Tri.

Tri mengungkapkan Kebijakan tanpa kantong plastik di toko modern langkah awal Pemerintah mengurangi penggunaan kantong plastik di masyarakat. Kebijakan tersebut, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. “Produksi sampah masyarakat Kota Bekasi mencapai 1800 ton dalam sehari. 40 persen diantaranya adalah sampah anorganik seperti plastik. Nah, dengan diterapkannya kebijakan ini, merupakan komitmen pemerintah untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik,” jelasnya.

Ia juga mengajak masyarakat Kota Bekasi untuk bijak dalam menggunakan kantong plastik. “Ayo masyarakat masyarakat Kota Bekasi, kita bijak dalam penggunaan kantong plastik. Ayo mulai saat ini membawa tas belanja yang ramah lingkungan,” tutup Tri.

%d blogger menyukai ini: