fbpx

Delta Tiga Foundation Salurkan Bantuan Tahap II untuk Korban Banjir Bandang Lebak Banten

BEKASIMEDIA.COM, 8 Februari 2020-
Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda sebagian besar wilayah Indonesia khususnya Jabodetabek menyisakan kepedihan dan penderitaan masyarakat terdampak bencana.

Kerusakan infrastruktur jembatan, bangunan pemukiman dan tempat tinggal serta hancurnya sarana ibadah akibat diterjang banjir bandang dan timbunan tanah longsor menjadi pemandangan di lokasi kejadian.

Berdasarkan pantauan kami dilapangan masyarakat terkena bencana saat ini sangat membutuhkan bantuan sandang dan pangan. Sarana dan prasarana yang rusak parah pasca banjir bandang menyebabkan hilangnya sekolah dan tempat tinggal mereka sehingga harus bertahan di hunian sementara.

Delta Tiga Foundation Bekasi sebagai lembaga “charity” (kemanusiaan) dalam dan luar negeri yang fokus membantu dan meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa musibah khususnya korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Desa Muhara, kecamatan Lebak Gedong, kabupaten Lebak, provinsi Banten. Daerah ini menjadi tujuan utama penyaluran bantuan tahap 2 pasca banjir bandang Jabodetabek 2020.

“Kami sudah melakukan survei terlebih dahulu satu minggu sebelumnya (31/1) untuk melihat kondisi wilayah terdampak bencana dan banyak permukiman warga rata dengan tanah hanyut diterjang banjir bandang. Pemukiman warga disepanjang bantaran sungai terseret habis bersama longsoran tanah bercampur banjir bandang, jembatan sebagai akses utama penghubung antar desa terputus sehingga wilayah tersebut terisolasi,” ujar Eko Nuryadi, Ketua Divisi Distribusi penyaluran bantuan korban bencana nasional Delta Tiga Foundation.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan, Delta Tiga Foundation juga terus melakukan penggalangan donasi. Bantuan yang didapat nantinya akan dialokasikan untuk merevitalisasi sarana ibadah dan pendidikan (Kobong/TPA).

Delta Tiga Foundation rencananya akan melakukan penyaluran bantuan tahap II korban bencana banjir dan longsor di wilayah Lebak, Banten pada hari Minggu, 09 Februari 2020 dengan menggandeng beberapa lembaga diantaranya Yayasan Al Fatah Bekasi, MOM Motivator, Mentari Ilmu Charity Karawang serta media.

Duta Kemanusiaan Delta Tiga Foundation, Azis Gagap OVJ, dan pendongeng nasional D’Dongeng Indonesia akan turut ambil bagian dalam penyaluran bantuan untuk pemulihan memberikan trauma healing menghibur anak anak dan warga pasca bencana

Sebelumnya, awal Januari 2020 lalu, Delta Tiga Foundation Bekasi juga telah menyalurkan bantuan tahap pertama di Desa Cimaja dan Desa Nanggung, Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, (12/1).

Bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, menyalurkan bantuan berupa perlengkapan sekolah dan kebutuhan balita di lokasi longsor paling parah di Desa Nanggung dan diterima langsung oleh Ahmad Nur selaku Kepala Pelayanan Aktif Baznas Jabar.

Berdasarkan data Posko Bencana Longsor dan Banjir Desa Cimaja ada sekitar 12 rumah rusak parah dan hancur tertimbun dengan tanah. Sedikitnya 173 jiwa dan kepala keluarga yang terdiri dari 33 jiwa lansia dan 55 anak balita.

Eko Nuryadi juga mengatakan penyaluran bantuan tersebut merupakan kegiatan pertama dari rencana aksi kemanusiaan berikutnya. Ia juga mengimbau dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu warga korban bencana banjir bandang dan tanah longsor dengan berdonasi ke Rekening Bank BRI kode (002) 4791.01.026900.53.0 An. Yayasan Delta Tiga Pro, serta melakukan konfirmasi ke nomor WhatsApp (0811-1122-335)

Delta Tiga Foundation berkomitmen akan terus mencari daerah daerah terdampak bencana yang masih membutuhkan bantuan pasca banjir bandang. Untuk itu kami membutuhkan dukungan dari masyarakat dan partisiasi para donatur senantiasa menjadi tabungan amal kebaikan bagi aksi aksi kemanusiaan dimasa yang akan datang. (***)

%d blogger menyukai ini: